Skip to main content

Asteroid Cepat Memicu Dingin K-T Dinosaurus

www.LaporanPenelitian.com - Suhu laut turun 2 derajat pasca Cretaceous-Tertiary (K-T) boundary. Asteroid cepat memacu dingin yang merobohkan dinosaurus, sebuah batu luar angkasa memukul Bumi 66 juta tahun lalu memicu peristiwa berantai yang memusnahkan dinosaurus.

Bukti baru mendukung teori bahwa dampak yang ditimbulkan pendinginan global dalam beberapa bulan dan dekade kemudian mendorong kepunahan massal, asteroid selebar 10 kilometer menabrak Bumi yang sekarang di dekat Chicxulub, Mexico.

Johan Vellekoop, palinolog Utrecht University di Belanda, dan rekan menyelidiki lipid mikroba laut yang terawetkan dalam lumpur dan pasir di wilayah Brazos River Texas tengah untuk merekonstruksi suhu permukaan laut di sekitar waktu dampak asteroid.

Sebelum dampak, air hangat sekitar 30 derajat Celsius. Tapi pada bulan-bulan ke dekade sesudahnya, suhu permukaan laut turun rata-rata 2 derajat. Dampak menghamburkan debu dan partikel lainnya ke udara, menghalangi cahaya dan panas dari Matahari.

Suhu permukaan laut kemudian memanas sampai 32 derajat hanya beberapa dekade ke abad setelah dampak. Perubahan cepat dari periode dingin gelap diikuti periode pemanasan global dengan hujan asam dan gas rumah kaca sesuai pola kepunahan organisme dari plankton hingga tyrannosaurus dan pterosaurus.
Rapid short-term cooling following the Chicxulub impact at the Cretaceous–Paleogene boundary

Johan Vellekoop1 et al.
  1. Marine Palynology, Department of Earth Sciences, Faculty of Geosciences, Laboratory of Palaeobotany and Palynology, Utrecht University, 3584 CD, Utrecht, The Netherlands
Proceedings of the National Academy of Sciences, May 12, 2014

Akses : DOI:10.1073/pnas.1319253111

Gambar: Ron Blakey, NAU Geology via Wikimedia Commons
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.