Langsung ke konten utama

Peptida Anti-Biofilm Resep Post-Antibiotik Resisten

LaporanPenelitian.com - Senyawa menjanjikan untuk melawan bakteri resisten antibiotik, identifikasi molekul kecil mencegah bakteri membentuk biofilm penyebab infeksi. Sebuah peptida anti-biofilm memberi strategi lain mencegah berbagai superbug.

"Antibiotik obat paling sukses di planet ini, tapi masalah berat datang dengan organisme resisten. Seluruh gudang antibiotik secara bertahap kehilangan efektivita," kata Bob Hancock, Mikrobiolog University of British Columbia di Vancouver.

Banyak kelas gram positif dan negatif tumbuh di kulit, paru-paru, jantung dan permukaan jaringan lainnya membentuk biofilm. Komunitas bakteri terstruktur yang bertanggung jawab untuk dua-pertiga dari semua infeksi manusia. Tidak ada terapi untuk biofilm.

Hancock dan rekan menemukan peptida 1018 yang terdiri dari 12 asam amino, blok bangunan protein, untuk menghancurkan dan mencegah biofilm. Peptida 1018 bekerja pada kedua kelas serta beberapa patogen resisten antibiotik termasuk Pseudomonas aeruginosa, Escherichia coli dan MRSA.

"Menurunnya antibiotik menyebabkan kesulitan operasi besar, kemoterapi, transplantasi dan bahkan luka ringan. Strategi kami merupakan kemajuan signifikan mencari agen baru yang khusus menargetkan biofilm," kata Hancock.

Bulan lalu WHO merelease laporan global surveilans 2014 yang memperingatkan dimulainya era post-antibiotik di mana infeksi umum dan luka ringan dapat membunuh langsung bukan fantasi apokaliptik. Era nyata ancaman kesehatan di abad ke-21.
Broad-Spectrum Anti-biofilm Peptide That Targets a Cellular Stress Response

César de la Fuente-Núñez1 et al.
  1. Department of Microbiology and Immunology, Centre for Microbial Diseases and Immunity Research, University of British Columbia, Vancouver, British Columbia, Canada
PLOS Pathogens, May 22, 2014

Akses : DOI:10.1371/journal.ppat.1004152

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…