Friday, May 16, 2014

Rosetta Bidik Komet 67P-Churyumov-Gerasimenko

www.LaporanPenelitian.com - Meluncur menembus ruang dengan kecepatan ribuan kilometer per jam, wahana bersejarah Rosetta memburu komet yang semakin memuntahkan gas dan debu karena keduanya semakin lebih dekat dengan Matahari.

Wahana ruang angkasa pemburu komet Rosetta senilai €1 miliar yang digelontorkan European Space Agency (ESA) aktif pada bulan Januari setelah hampir 3 tahun masa hibernasi. Pada bulan Agustus harus bisa mengejar komet sebelum menetapkan pendaratan Philae di permukaan pada bulan November.

Sejarah pertama kalinya usaha soft-landing pada komet. Komet 67P-Churyumov-Gerasimenko makin meludah gas dan debu selama 6 minggu dari 27 Maret hingga 4 Mei.

Selama waktu itu Rosetta menutup jarak dengan komet dari sekitar 5 juta kilometer sampai 2 juta kilometer.

Ketika Matahari memanaskan komet, permukaan es berubah menjadi gas yang lolos membawa debu ke angkasa membentuk coma. Debu dan gas di sekitar komet terus meningkat yang akhirnya menjadi ekor khas komet. Rosetta harus bernegosiasi dengan debu ini saat turun ke level 1 kilometer dari permukaan.

Para ilmuwan berharap banyak dengan mempelajari 67P-Churyumov-Gerasimenko dan meteri di dalamnya untuk petunjuk sejarah awal Tata Surya serta apakah komet memainkan peran dalam membawa air dan blok bangunan dasar kehidupan ke Bumi.
Gambar: ESA
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment