Skip to main content

Setahun 29 Juta Hari di Exoplanet GU Psc b

LaporanPenelitian.com - Sebuah planet ekstrasurya menyendiri bahwa dunia alien mengorbit di ujung luar. Sufi di Bumi bertapa 360 hari setahun untuk mengelilingi Matahari, tapi kaum pertapa di exoplanet GU Psc b melewatkan 29 juta hari setahun untuk membuat orbit lengkap sekitar bintang GU Psc.

Exoplanet gas bermassa 9 kali kali Jupiter terletak 155 tahun cahaya di konstelasi Pisces dengan membanggakan mengorbit bintang host pada jarak 2.000 kali Bumi-Matahari. Kehidupan ekstrim ditemukan Marie-Eve Naud, astronom University of Montreal, dan tim internasional melalui metode pencitraan langsung.

"Kami mengamati lebih dari 90 bintang dan hanya menemukan 1 planet, jadi benar-benar sebuah keanehan astronomi," kata Naud.

Mengamati planet tidak langsung memungkinkan menentukan massanya. Sebaliknya, Naud dan rekan menggunakan model teoritis evolusi planet untuk menentukan karakteristiknya. Spektrum cahaya GU Psc b diperoleh dari Gemini Observatory di Hawaii Utara untuk mengukur suhu sekitar 800 derajat Celcius.


Discovery of a wide planetary-mass companion to the young M3 star GU Psc

Marie-Eve Naud1 et al.
  1. Département de physique and Observatoire du Mont-Mégantic, Université de Montréal, Montréal H3C 3J7, Canada
arXiv (Submitted on 12 May 2014)

Akses : arXiv:1405.2932

Gambar 1: Lucas Granito
Gambar 2: Marie-Eve Naud et al
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.