Skip to main content

8 Jam Sehari Alien Exoplanet Beta Pictoris b

LaporanPenelitian.com - Pengukuran perputaran exoplanet untuk pertama kalinya. Tepat 8 jam sehari planet ekstrasurya Beta Pictoris b, lebih pendek dalam 1 hari dari setiap planet di Tata Surya. Prestasi para astronom mengukur rotasi sebuah planet alien untuk pertama kalinya.

Di suatu dunia para alien membuat jam dengan jumlah angka delapan. Dalam sehari exolanet Beta Pictoris b sekitar 8 jam kerja, lebih pendek dari dunia manapun di setiap planet di Tata Surya. Sebuah gas raksasa mencitrakan spektrum yang mengungkap filter cahaya atmosfer terhadap rotasi planet.

Ignas Snellen, astronom Leiden University, dan rekan mengintip planet gas β Pictoris berputar 25 kilometer per detik di khatulistiwa atau 50 kali lebih cepat dari Bumi, meskipun planet ini memiliki diameter 16 kali dan berat 3.000 kali Bumi.

Planet β Pictoris b mengorbit bintang muda dengan jarak 2 kali Jupiter-Matahari terletak 63 tahun cahaya di konstelasi Pictor. Planet besar, relatif muda dan masih hangat yang kuat memancarkan panjang gelombang inframerah. Bintang β Pictoris sangat kuat dan terlihat dengan mata telanjang.

Snellen menggunakan Very Large Telescope di Gurun Atacama Chili utara untuk menganalisis spektrum panjang gelombang tertentu dari cahaya yang diserap oleh karbon monoksida di atmosfir. Pergeseran Doppler menentukan seberapa cepat planet berputar.

Namun gagasan bahwa planet berbatu seperti Bumi memiliki hubungan yang sama antara massa dan rotasi sebagai gas raksasa seperti β Pictoris b dan Jupiter adalah teka-teki. Materi yang dikemas di dalam dua planet memiliki komposisi yang berbeda.
Ignas A. G. Snellen (Leiden Observatory, Leiden University, Postbus 9513, 2300 RA Leiden, The Netherlands) et al. Fast spin of the young extrasolar planet β Pictoris b. Nature, 30 April 2014, DOI:10.1038/nature13253
Gambar 1: ESO/L. Calçada/N. Risinger, skysurvey.org
Gambar 2: I. Snellen/Leiden Observatory, S. Egts

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…