Thursday, May 1, 2014

8 Jam Sehari Alien Exoplanet Beta Pictoris b

LaporanPenelitian.com - Pengukuran perputaran exoplanet untuk pertama kalinya. Tepat 8 jam sehari planet ekstrasurya Beta Pictoris b, lebih pendek dalam 1 hari dari setiap planet di Tata Surya. Prestasi para astronom mengukur rotasi sebuah planet alien untuk pertama kalinya.

Di suatu dunia para alien membuat jam dengan jumlah angka delapan. Dalam sehari exolanet Beta Pictoris b sekitar 8 jam kerja, lebih pendek dari dunia manapun di setiap planet di Tata Surya. Sebuah gas raksasa mencitrakan spektrum yang mengungkap filter cahaya atmosfer terhadap rotasi planet.

Ignas Snellen, astronom Leiden University, dan rekan mengintip planet gas β Pictoris berputar 25 kilometer per detik di khatulistiwa atau 50 kali lebih cepat dari Bumi, meskipun planet ini memiliki diameter 16 kali dan berat 3.000 kali Bumi.

Planet β Pictoris b mengorbit bintang muda dengan jarak 2 kali Jupiter-Matahari terletak 63 tahun cahaya di konstelasi Pictor. Planet besar, relatif muda dan masih hangat yang kuat memancarkan panjang gelombang inframerah. Bintang β Pictoris sangat kuat dan terlihat dengan mata telanjang.

Snellen menggunakan Very Large Telescope di Gurun Atacama Chili utara untuk menganalisis spektrum panjang gelombang tertentu dari cahaya yang diserap oleh karbon monoksida di atmosfir. Pergeseran Doppler menentukan seberapa cepat planet berputar.

Namun gagasan bahwa planet berbatu seperti Bumi memiliki hubungan yang sama antara massa dan rotasi sebagai gas raksasa seperti β Pictoris b dan Jupiter adalah teka-teki. Materi yang dikemas di dalam dua planet memiliki komposisi yang berbeda.
Ignas A. G. Snellen (Leiden Observatory, Leiden University, Postbus 9513, 2300 RA Leiden, The Netherlands) et al. Fast spin of the young extrasolar planet β Pictoris b. Nature, 30 April 2014, DOI:10.1038/nature13253
Gambar 1: ESO/L. Calçada/N. Risinger, skysurvey.org
Gambar 2: I. Snellen/Leiden Observatory, S. Egts
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment