Monday, April 28, 2014

Kepunahan Dino Buka Jalan Bagi Acanthomorphs

LaporanPenelitian.com - Asteroid pembunuh dinosaurus membersihkan jalan bagi ikan karang modern. Habis gelap terbitlah terang, keluar dari krisis datanglah kesempatan yang menetapkan relung ekologi bagi kehidupan terestrial yang porak-poranda.

Kepunahan massal atau K-Pg boundary terkenal yang dipicu asteroid 65 juta tahun lalu menyapu bersih regim kedinosaurusan, tetapi juga memunculkan kehidupan Bumi menjadi lebih pluralis dan terdistribusi yang membantu mendirikan komunitas ikan karang modern.

Terumbu karang adalah rumah bagi 7 persen dari semua spesies vertebrata, meskipun menempati kurang dari 0,01 persen dari permukaan Bumi dan proxy yang membingungkan. Tapi sekitar 92 persen dari mereka milik satu keluarga besar yaitu acanthomorphs.

Berbagai jenis acanthomorph pindah ke karang. Dua puncak kolonialisasi karang oleh acanthomorphs yaitu 25 juta tahun sebelum kepunahan massal yang menandai akhir periode Cretaceous dan puncak kedua kolonisasi dimulai tepat setelah peristiwa bencana besar.

Acanthomorphs awal tiba pada terumbu dan menempati ceruk ekologi yang sangat berbeda satu sama lain. Kedatangan kemudian mengisi kesenjangan dan akhirnya menciptakan hotspot keanekaragaman hayati laut yang kita kenal pada hari ini.

"Sebelum pertengahan Cretaceous, anteseden awal spesies ikan kita kaitkan dengan terumbu hari ini. Wrasse, parrotfish, clownfish yang tidak mungkin hidup di terumbu," kata Samantha Price, ekolog University of California Davis.

Sebaliknya, sebelum 2 puncak penjajahan acanthomorph, terumbu karang dihuni oleh kelompok-kelompok ikan punah yang tidak terkait acanthomorphs, tapi sebuah pola bahwa tidak berarti acanthomorphs outcompeted dibanding ikan lainnya.

Bahkan, puncak pertama acanthomorph bertepatan dengan penurunan jumlah terumbu karang dan munculnya berbagai jenis terumbu dibangun dari kerang moluska. The acanthomorphs lebih mampu beradaptasi dengan terumbu moluska baru daripada ikan lain.
Two waves of colonization straddling the K–Pg boundary formed the modern reef fish fauna

S. A. Price1 et al.
  1. Department of Evolution and Ecology, University of California, Davis, CA 95618, USA
Proceedings of the Royal Society B, 2 April 2014

Akses : DOI:10.1098/rspb.2014.0321
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment