Skip to main content

Martini Eocasea Leluhur Mamalia Herbivora Darat

Laporan Penelitian - Martini Eocasea leluhur tertua herbivora darat. Sekira 300 juta tahun lalu selama periode Carboniferous, hewan kadal nenek moyang tertua herbivora terestrial. Cabang caseid dari Sinapsida, kelompok mewakili garis keturunan purba secara bertahap menjadi mamalia.

Evolusi herbivora adalah revolusioner ketika hidup di darat karena vertebrata darat langsung bisa mengakses sumber daya besar yang disediakan tanaman terestrial. Herbivora pada gilirannya menjadi sumber makanan utama bagi predator di daratan yang luas.

"Eocasea martini salah satu kerabat tertua mamalia dan menutup kesenjangan 20 juta tahun anggota termuda berikutnya keluarga caseid. Synapsids caseid jauh lebih kuno dari catatan fosil sebelumnya," kata Jörg Fröbisch, paleontolog Museum für Naturkunde dan Humboldt University di Berlin.

Tengkorak parsial dan kerangka kadal kecil remaja, Martini Eocasea panjang 20 cm dan berat kurang dari 2 kg ketika dewasa. Herbivora terestrial besar berevolusi dari kecil, hewan-hewan pertama yang memulai proses menghasilkan ekosistem darat pendukung piramida top predator.

Tapi herbivora berdiri tidak hanya di garis keturunan yang mencakup Eocasea martini. Mereka muncul secara independen setidaknya 5 kali, termasuk 2 kali pada reptil. Lima garis keluarga mengembangkan kemampuan baru hidup dari tanaman hampir 30 juta tahun dengan reptil sebelumnya,

"Setelah Eocasea martini tampaknya ambang batas telah disahkan. Beberapa keluarga terus berkembang dengan sifat herbivora yang sama," kata Jörg Fröbisch, biolog University of Toronto Mississauga di Ontario.

Strategi makan herbivora adalah evolusi pertama di antara saudara jauh mamalia, bukan reptil purba sebagai cabang yang akhirnya memunculkan dinosaurus dan burung. Caseids contoh paling ekstrem. Anggota termuda terakhir melebihi 500 kg. Tapi temuan Eocasea martini memunculkan jawaban sekaligus pertanyaan.

"Salah satu misteri besar mengapa herbivora tidak terjadi sebelumnya dan mengapa secara independen di beberapa garis keturunan? Ini kejadian yang pertama dan berdampak terhadap perubahan kolosal ekosistem darat," kata Reisz.
The Oldest Caseid Synapsid from the Late Pennsylvanian of Kansas, and the Evolution of Herbivory in Terrestrial Vertebrates

Robert R. Reisz1, Jörg Fröbisch2,3
  1. Department of Biology, University of Toronto Mississauga, Mississauga, Ontario, Canada
  2. Museum für Naturkunde, Leibniz-Institut für Evolutions- und Biodiversitätsforschung, Berlin, Germany
  3. Institut für Biologie, Humboldt-Universität zu Berlin, Berlin, Germany
PLoS ONE, April 16, 2014

Akses : DOI:10.1371/journal.pone.0094518

Gambar: Danielle Dufault
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.