Monday, April 21, 2014

LogAnalysis Lacak Struktur Organisasi Kriminal

www.LaporanPenelitian.com - Jaringan geng kriminal dipeta melalui metadata telepon. Polisi mencari otak jaringan kriminal yang bertanggung jawab atas perampokan, korupsi, perdagangan narkoba dan terorisme, ada beberapa petunjuk, tapi ingin tahu siapa lagi tersangka yang bekerja sama.

Di dalam organisasi kejahatan, para kroco mengirimkan banyak panggilan dan teks pada saat kejahatan terjadi. Bos dan mereka yang menduduki posisi lebih tinggi cenderung tidak terlalu banyak bicara, meskipun akan mengambil satu posisi tepat setelah kejahatan telah dilakukan.

LogAnalysis, software menggunakan metadata dari beberapa ponsel tersangka, untuk memeta hubungan di antara para penjahat dengan cara menghubungkan informasi dari beberapa orang. Polisi bisa mencari tahu siapa yang terlibat, siapa yang ikut bekerjasama dan bahkan apa peran yang telah dimainkan.

"Alat ini memungkinkan kita untuk memahami tidak hanya bagaimana orang saling berhubungan, tetapi juga apa peran di tempat kerja," kata Emilio Ferrara dari Indiana University di Bloomington.

Proses dimulai setelah polisi mengidentifikasi tersangka dan mengeluarkan surat perintah pelacakan telepon. Setelah diberikan, Ferrara memasang informasi ke perangkat lunak. Data satu orang sudah cukup untuk membangun peta organisasi. Algoritma statistik memilah siapa saja yang bekerjasama dan siapa yang bertanggung jawab.

LogAnalysis memiliki kemiripan dengan standar metode yang gunakan oleh US National Security Agency (NSA) dalam menyisir tonase data telepon, tapi Ferrara menekankan bahwa program yang dibangunnya memiliki wilayah fokus yang lebih sempit.

"Sistem kami bekerja pada skala kecil, fokus pada analisis dari lingkaran kecil di sekitar tersangka," kata Ferrara.

IBM telah mengembangkan program disebut Notebook Analyst yang sit-up data pribadi dari ponsel, internet dan database untuk membantu penyelidikan polisi di seluruh dunia. Suatu hari nanti polisi mampu meramal perampokan atau mengidentifikasi orang yang memiliki kecenderungan melakukan kejahatan.
Detecting criminal organizations in mobile phone networks

Emilio Ferrara, Pasquale De Meo, Salvatore Catanese, Giacomo Fiumara

arXiv (Submitted on 3 Apr 2014)

Akses : arXiv:1404.1295
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment