Skip to main content

LHC Beauty Tangkap Z (4430) Mungkin Tetraquark

Laporan Penelitian - LHC mungkin temukan partikel bentuk baru materi. Buronan lama tertangkap akselerator partikel terbesar, eksperimen di Large Hadron Collider (LHC) beauty konfirmasi partikel provokatif Z (4430) benar-benar ada dan mungkin bukti terkuat bentuk baru materi tetraquark.

Di alam semesta bahwa quark adalah partikel subatomik yamg merupakan blok bangunan dasar materi. Mereka diketahui dalam kelompok 2 membentuk meson berumur pendek atau kelompok 3 membentuk proton dan neutron yang membentuk inti atom.

Para ilmuwan telah menduga puluhan tahun bahwa quark mungkin juga mengikat bersama dalam kuartet membentuk materi tetraquark. Tetapi hingga kini tidak ada perhitungan kuantum rumit untuk menguji hipotetis. Komputer belum cukup besar menyelesaikan teori prinsip pertama.

Tidak ada yang tahu jika hukum fisika harus memungkinkan materi untuk mengumpul membentuk 4 partikel. Tetraquark masih materi hipotetik, namun penampakan terbaru di LHC berarti hantu lebih dekat dari sebelumnya untuk segera terungkap.

"Argumen utama tentang Z (4430) apakah ada atau tidak? Kami datang dan berkata Z (4430) adalah nyata," kata Tomasz Skwarnicki, fisikawan Syracuse University di New York.

Penampakan Z (4430) pertama kali dilaporkan detektor Belle di akselerator KEKB di Tsukuba, Jepang, pada tahun 2008. Namun keberadaan partikel dipertanyakan setelah detektor BaBar di akselerator SLAC di Menlo Park, California, gagal memverifikasi.

Sekarang eksperimen LHCb yang duduk di LHC bersama dengan eksperimen yang melihat Higgs boson menganalisis 10 kali data sebanyak Belle atau Babar dan mengatakan telah menemukan sebanyak 4000 partikel. Tantangan berikutnya mengetahui apakah Z (4430) benar-benar sebuah tetraquark.

"Ini menunjuk ke sebuah bonafide kuartet partikel. Lebih mungkin bahwa tetraquark," kata Skwarnicki.
Observation of the resonant character of the Z(4430) − state

LHCb collaboration

arXiv (Submitted on 7 Apr 2014)

Akses : arXiv:1404.1903

Gambar: CERN

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…