Skip to main content

Cluster Bintang Mengorbit Lubang Hitam NGC-1210

Laporan Penelitian - Stellar string tertangkap mengorbit lubang hitam NGC-1210, sebuah kalung terdiri ribuan bintang berputar-putar di sekitar lubang hitam raksasa di sebuah galaksi dalam hubungan kompleks antara galaksi dan lubang hitam di pusat-pusatnya.

"Gugus bintang ini sangat terang, lebih terang dari setiap gugus bintang yang dikenal di galaksi kita. Sejauh yang saya tahu ini pertama kalinya serangkaian 4 gugus bintang terlihat mengorbit lubang hitam supermasif," kata Mark Durre, astronom Swinburne University.

Durre dan rekan menggunakan 10 meter Keck Telescope di Hawaii untuk mengintip ke jantung galaksi. Bintang-bintang dalam 4 cluster merata, spasi mengorbit lubang hitam galaksi. Lubang hitam supermasif NGC-1210 adalah 100 kali lebih besar dari lubang hitam Bima Sakti dengan massa 4,3 juta kali massa Matahari.

"Gugus bintang ini belum pernah terlihat sebelumnya karena tersembunyi dalam awan gas dan debu, tetapi mereka dapat dideteksi dalam radiasi inframerah yang menembus awan, " kata Durre.

Gas dari bintang-bintang yang jatuh ke dalam lubang hitam dan memanas dengan sebagian dikeluarkan sebagai jet energi dan materi. Gas di sekitarnya digunakan untuk membuat generasi bintang berikutnya. Durre mencoba untuk memeta aliran gas di sekitar lubang hitam saat mereka mendeteksi cluster bintang.
Young Star Clusters In The Circumnuclear Region Of NGC 2110

Mark Durré, Jeremy Mould

arXiv (Submitted on 13 Feb 2014)

Akses : arXiv:1402.3339

Gambar: Swinburne/NASA/ESA

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…