Thursday, April 10, 2014

Cluster Bintang Mengorbit Lubang Hitam NGC-1210

Laporan Penelitian - Stellar string tertangkap mengorbit lubang hitam NGC-1210, sebuah kalung terdiri ribuan bintang berputar-putar di sekitar lubang hitam raksasa di sebuah galaksi dalam hubungan kompleks antara galaksi dan lubang hitam di pusat-pusatnya.

"Gugus bintang ini sangat terang, lebih terang dari setiap gugus bintang yang dikenal di galaksi kita. Sejauh yang saya tahu ini pertama kalinya serangkaian 4 gugus bintang terlihat mengorbit lubang hitam supermasif," kata Mark Durre, astronom Swinburne University.

Durre dan rekan menggunakan 10 meter Keck Telescope di Hawaii untuk mengintip ke jantung galaksi. Bintang-bintang dalam 4 cluster merata, spasi mengorbit lubang hitam galaksi. Lubang hitam supermasif NGC-1210 adalah 100 kali lebih besar dari lubang hitam Bima Sakti dengan massa 4,3 juta kali massa Matahari.

"Gugus bintang ini belum pernah terlihat sebelumnya karena tersembunyi dalam awan gas dan debu, tetapi mereka dapat dideteksi dalam radiasi inframerah yang menembus awan, " kata Durre.

Gas dari bintang-bintang yang jatuh ke dalam lubang hitam dan memanas dengan sebagian dikeluarkan sebagai jet energi dan materi. Gas di sekitarnya digunakan untuk membuat generasi bintang berikutnya. Durre mencoba untuk memeta aliran gas di sekitar lubang hitam saat mereka mendeteksi cluster bintang.
Young Star Clusters In The Circumnuclear Region Of NGC 2110

Mark Durré, Jeremy Mould

arXiv (Submitted on 13 Feb 2014)

Akses : arXiv:1402.3339

Gambar: Swinburne/NASA/ESA
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment