Monday, April 7, 2014

Silsilah Raja Rimba Panthera leo dan persica

LaporanPenelitian.com - Sekitar 10 juta tahun lalu adalah awal misteri kucing besar, tapi sekitar 124.000 tahun lalu, di akhir Pleistosen, subspesies berbeda mulai berevolusi. Sekitar waktu itu hutan hujan tropis meluas di seluruh khatulistiwa Afrika dan wilayah Sahara berubah jadi savana.

Panthera leo yang tinggal di selatan dan timur benua terpisah dan menyimpang dari rekan di bagian barat dan utara. Waktu terus berlalu. Sekitar 51.000 tahun lalu, benua kering dan Sahara semakin jauh, memotong singa di barat dengan di utara.

Pada saat yang sama singa di barat memperluas jangkauan ke Afrika Tengah. Sejak itu sungai besar di Afrika termasuk sungai Nil dan Niger membuat mereka terpisah. Detail lain hanya diungkap oleh DNA purba dalam spesimen bahwa Raja Rimba punah atau Barbary lion (Panthera leo leo) mulai eksodus keluar dari Afrika 21.000 tahun lalu.

Pada akhir Pleistosen, singa meninggalkan Afrika Utara dan akhirnya sejauh India. Banyak kelompok yang lain sekitar 5.000 tahun lalu yaitu Singa Asia (Panthera leo persica) meninggalkan benua, mencapai apa yang sekarang Iran. Hari ini kurang dari 400 Panthera leo persica yang membanggakan bertahan hidup di Kathiawar Semenanjung India.

"Populasi singa di Afrika Barat dan Afrika Tengah yang telah menurun secara drastis selama beberapa dekade terakhir sebenarnya lebih terkait erat dengan singa India daripada singa Somalia atau Botswana," kata Ross Barnett, arkeolog Durham University.

Singa Barbary paling misterius dari semua predator besar, baik karena penampilan mengesankan dan ketidakpastian atas nasibnya. Fisik sangat khas dengan surai luas dan perbedaan bentuk kepalanya termasuk mahkota lebih runcing dan moncong sempit.

Bukti menyarankan beberapa kemungkinan bertahan di penangkaran sebagai bagian dari koleksi yang dimiliki oleh keluarga kerajaan Maroko. Tapi penelitian sebelumnya menunjukkan tidak benar-benar Panthera leo leo. Sekitar sepertiga singa Afrika diperkirakan menghilang dalam 20 tahun terakhir.

"Jika Anda berpikir keanekaragaman singa sebagai 2 cabang berbeda maka singa di Afrika Timur dan Selatan hanya mencerminkan setengah keragaman total," kata Barnett.

"Sisi lain diwakili keragaman di India, Afrika Barat dan Afrika Tengah. Jika populasi di Afrika Barat dan Tengah menyelinap pergi, bahwa seluruh cabang hanya akan bertahan dalam populasi kecil singa India kecil," kata Barnett.
Revealing the maternal demographic history of Panthera leo using ancient DNA and a spatially explicit genealogical analysis

Ross Barnett1,2 et al.
  1. Durham Evolution and Ancient DNA, Department of Archaeology, Durham University, Durham DH1 3LE, UK
  2. Current Address: Centre for GeoGenetics, København Universitet, The Natural History Museum Øster Voldgade, Copenhagen 5-7 DK-1350, Denmark
BMC Evolutionary Biology, 2 April 2014

Akses : DOI:10.1186/1471-2148-14-70
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment