Skip to main content

Gen Neanderthal Dalam Ketabolisme Lipid Eropa

www.LaporanPenelitian.com - Warisan Neanderthal ditulis dalam metabolisme lemak Eropa bahwa DNA interbreeding membantu adaptasi di lingkungan baru. Gen metabolisme lemak diwariskan Neanderthal membantu manusia Zaman Batu bertahan di Eropa ketika singa gua dan kucing bertaring tajam menguasai benua itu.

Sisa-sisa hadiah genetik muncul dalam genom Eropa modern dan muncul untuk men-tweak kadar lemak dalam otak. Satu temuan terbaru dalam serangkaian studi yang mencoba untuk memecahkan peran anak cucu Neanderthal mungkin bermain dalam evolusi manusia, tapi tidak pada orang Asia.

Dua per tiga otak dibangun dari asam lemak dan perbedaan komposisi lemak antara Eropa dan Asia mungkin memiliki konsekuensi fungsional ketika beradaptasi dengan iklim atau penyakit metabolik. Laporan baru adalah contoh lain warisan genetik kuno mengendap pada beberapa orang hari ini.

"Bagaimana otak dibangun secara berbeda dari lipid mungkin karena DNA Neandertal," kata hilipp Khaitovich, biolog CAS-MPG Partner Institute for Computational Biology in Shanghai, China, dan Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology di Leipzig, Jerman.

Sejauh ini para ilmuwan telah menemukan manusia hidup yang mewarisi versi gen Neanderthal menyebabkan diabetes, lupus dan penyakit Crohn yang mengubah fungsi kekebalan tubuh dan mempengaruhi fungsi protein keratin pada kulit, kuku dan rambut.

Khaitovich dan tim internasional menganalisis distribusi varian gen Neanderthal dalam genom 11 populasi Afrika, Asia dan Eropa. Orang Eropa mewarisi 3 kali lebih banyak gen yang terlibat dalam katabolisme lipid. Afrika tidak membawa salah satu dari varian Neandertal.

Gen asam lemak menguntungkan bagi orang Eropa dan Neanderthal memecah lemak lebih cepat untuk mendapatkan energi ketika bertahan hidup di iklim dingin Eropa utara. Jalan pintas evolusi dengan mengambil gen menguntungkan dari kelompok lain melalui "introgresi" daripada menghabiskan puluhan ribu tahun.
Neanderthal ancestry drives evolution of lipid catabolism in contemporary Europeans

Ekaterina E. Khrameeva1,2 et al.
  1. CAS Key Laboratory of Computational Biology, CAS-MPG Partner Institute for Computational Biology, Shanghai 200031, China
  2. Research and Training Center on Bioinformatics, Institute for Information Transmission Problems, RAS, Moscow 127994, Russia
Nature Communications, 01 April 2014

Akses : DOI:10.1038/ncomms4584
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.