Thursday, March 27, 2014

Planetoid 2012-VP113 Bersembunyi di Oort Cloud

LaporanPenelitian.com - Dunia baru ditemukan tersembunyi di tepi Tata Surya, sebuah planet kerdil baru ditemukan di bagian luar gelap Tata Surya, jauh melampaui Pluto. Objek 2012-VP113 dengan lebar 450 kilometer mengorbit 80 jarak Matahari-Bumi.

Objek pertama terdeteksi di wilayah beku terpencil ruang dalam Oort Cloud sejak temuan kurcaci Planet Sedna 10 tahun lalu. Orbit planet kerdil baru mengisyaratkan monster dunia gaib berbatu 10 kali massa Bumi dan mengorbit jauh melampaui Pluto.

"Sampai kami menemukan 2012-VP113, Sedna 1000 kilometer adalah satu-satunya objek di daerah ini dan kami ingin tahu apakah form unik atau hanya puncak gunung es sekelompok benda di sana," kata Scott Sheppard, astronom Carnegie Institution for Science di Washington DC.

Tata Surya dapat dibagi menjadi 3 wilayah, planet-planet terestrial berbatu dan asteroid, planet-planet gas raksasa serta Sabuk Kuiper dan objek-objek dingin seperti Pluto. Di luar itu adalah Oort Cloud yang meluas ke ruang luar di antar bintang.

"Ini orbit sangat panjang yang berjalan di sepanjang jalur luar 450AU. Kita tahu warna merah muda yang menunjukkan dominasi es dan metana beku pada permukaannya," kata Sheppard.

"Benda-benda ini terlalu jauh dari jangkauan gravitasi planet raksasa. Mereka memiliki orbit sangat memanjang dan eksentrik. Tidak ada interaksi. Situasi yang sangat aneh, tidak ada penjelaskan keberadaan mereka di Tata Surya," kata Sheppard.

"Ada sesuatu yang berbeda di masa lalu dan memberitahu kita bahwa benda tersebut dipindahkan ke lokasi saat ini selama pembentukan Tata Surya, ketika kondisi sangat berbeda dengan sekarang," kata Sheppard.

"Kami hanya membidik area kecil Awan Oort dan jika kita mengcover seluruh langit, kita bisa menemukan lebih dari 1000 benda, lebih dari 1000 kilometer dalam ukuran. Beberapa dari mereka dengan mudah bisa seukuran Mars atau Bumi," kata Sheppard.
Chadwick A. Trujillo (Gemini Observatory, 670 North A‘ohoku Place, Hilo, Hawaii 96720, USA) et al. A Sedna-like body with a perihelion of 80 astronomical units. Nature, 26 March 2014, DOI:10.1038/nature13156
Gambar 1: NASA/JPL-Caltech/R. Hurt (SSC-Caltech)
Gambar 2: Nature, DOI: 10.1038/nature13156
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment