Thursday, March 20, 2014

Anzu wyliei Dinosaurus Ayam dari Neraka

LaporanPenelitian.com - Reptil mirip ayam supersize, cakar tajam dan paruh ompong adalah makhluk terbaru yang berbeda dengan dinosaurus lain. Anzu wyliei, genus setan menyerupai burung dalam mitologi Mesopotamia dan para peneliti mendeskripsi dinosaurus "ayam dari neraka."

Anzu wyliei seperti burung terbesar kedua, dino berbulu di belakang Gigantoraptor dan terbesar yang ditemukan di Amerika Utara. Moster Cretaceous pesolek berkeliaran di wilayah yang sekarang Dakota sekitar 68-66 juta tahun lalu sisi by sisi dengan Tyrannosaurus rex dan Triceratops.

A. wyliei diidentifikasi dari tiga fosil di formasi batuan Hell Creek AS utara-timur. Ketika digabungkan membuat kerangka hampir lengkap. Reptil burung dengan tinggi 3,5 meter dan berat 200-300 kilogram, ukuran yang lebih besar dari burung unta yang terbesar.

"Saya sangat gembira dengan temuan ini karena Anzu wyliei adalah oviraptorosaur terbesar yang telah ditemukan. Oviraptorosaurs adalah kelompok dinosaurus terkait erat burung dan sering aneh," kata Emma Schachner, paleontolog University of Utah.

Reptil iblis omnivora menyeringai di lanskap dataran banjir basah, makan tanaman dan hewan kecil. Beberapa kerabat primitif oviraptorids yang digali di timur laut China jauh lebih tua, sekitar 125 juta tahun. Banyak diwakili tengkorak lengkap atau kerangka, beberapa fosil di antaranya melestarikan bulu.

Dino bipedal dengan paruh ompong yang telah berbulu di ekor dan lengan tapi berujung cakar dan tidak bisa terbang. Kepala bermahkota tinggi dengan puncak tulang mirip kasuari Australia dan New Guinea. A. wyliei adalah theropoda pemberontak keluarga besar oviraptorosaurs.

Paleontolog telah menetapkan bahwa caenagnathids, oviraptorids dan spesies China yang lebih kuno ini erat terkait satu sama lain karena benua ini sering terhubung selama Mesozoikum yang memungkinkan dinosaurus dan hewan darat lainnya berkeliaran di antara mereka.

"Selama hampir seratus tahun kehadiran oviraptosaurs di Amerika Utara tetap menjadi misteri. Kita akhirnya memiliki bukti yang menunjukkan spesies ini berkaitan dengan dinosaurus lain," kata Hans-Dieter Sues, palebiolog National Museum of Natural History di Washington.
A New Large-Bodied Oviraptorosaurian Theropod Dinosaur from the Latest Cretaceous of Western North America

Matthew C. Lamanna1 et al.
  1. Section of Vertebrate Paleontology, Carnegie Museum of Natural History, Pittsburgh, Pennsylvania, United States of America
PLoS ONE, March 19, 2014

Akses : DOI:10.1371/journal.pone.0092022

Gambar atas: Mark Klingler/Carnegie Museum of Natural History
Gambar bawah: Donald E. Hurlbert, Smithsonian Institution
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment