Skip to main content

Syariah Seksual Monyet Laba-Laba Yucatan

LaporanPenelitian.com - Masyarakat Monyet Laba-Laba Yucatan dipisahkan seksual. Monyet dunia baru Ateles geoffroyi yucatanensis hidup dalam syariah seksual karena laki-laki menyerang perempuan jika mereka menghabiskan terlalu banyak waktu bersama-sama.

Spesies primata non-manusia pertama yang diketahui secara sistematis terpisah sepanjang garis demarkasi gender. Monyet Laba-Laba Yucatan (Ateles geoffroyi yucatanensis) hidup dalam kelompok beberapa lusin anggota dan hukum syariah menyekat masyarakat berdasarkan seksual.

Kayla Hartwell, primatolog University of Calgary di Kanada, dan rekan menghabiskan hampir 2 tahun menyelidiki sekelompok 34 monyet di hutan hujan Belize. Mereka melacak gerakan monyet bahwa pria dan wanita hidup terpisah selama 15 hingga 23 bulan.

"Segresi seksual spider monkey timbul dari perbedaan perilaku antara laki-laki dan perempuan. Pria dan wanita berevolusi menjadi begitu berbeda sehingga menghabiskan waktu bersama-sama dalam waktu lama menjadi bermusuhan," kata Hartwell.

Pria ramah satu sama lain, menghabiskan berjam-jam saling bergunjing dan jatuh bercengkerama. Tapi mereka agresif terhadap perempuan dan berusaha untuk mendominasi. Laki-laki mengeluarkan banyak energi berpatroli wilayah dan mengontrol laki-laki pesaing.

Untuk menjaga stamina, laki-laki makan lebih banyak buah matang daripada perempuan. Para wanita kebanyakan makan daun kurang bergizi dan perjalanan jauh jarang dilakukan, menghabiskan sebagian besar waktu untuk merawat bayi mereka.
Kayla S. Hartwell (Department of Anthropology, University of Calgary, Calgary, Alberta, Canada, T2N1N4) et al. Assessing the Occurrence of Sexual Segregation in Spider Monkeys (Ateles geoffroyi yucatanensis), Its Mechanisms and Function. International Journal of Primatology, January 2014, DOI:10.1007/s10764-013-9746-0
Gambar: © Bernard DUPONT via EOL

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…