Saturday, March 1, 2014

Teknik Baru Deteksi Air di Atmosfer Tau Boötis b

Laporan Penelitian - Para astronom mendeteksi air dalam atmosfer exoplanet seperti Jupiter, dunia alien yang dikenal sebagai Tau Boötis b, Tau Boötis Ab atau Millennium Planet yang ditemukan tahun 1996 sebagai hot-Jupiter yang mengorbit dekat di sekitar bintang host setiap 3 hari 7,5 jam.

Para astronom menggunakan satu teknik baru deteksi material dalam atmosfer exoplanet yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Terletak di konstelasi Boötes, sekitar 51 tahun cahaya dari Bumi, Tau Boötis b memiliki massa hampir 6 kali lipat Jupiter.

"Deteksi air di atmosfer Tau Boötes b penting karena membantu kita memahami bagaimana planet eksotis hot-Jupiter terbentuk. Juga menunjukkan efektivitas teknik baru deteksi radiasi infra merah di atmosfer," kata Chad Bender, astronom Penn State University.

"Planet-planet ini lebih dekat dengan kita daripada planet transit terdekat, tetapi sebagian besar telah diabaikan para astronom karena langsung mengukur atmosfer dengan teknik yang lama sulit dilakukan atau tidak mungkin," kata Bender.

Dengan teknik deteksi baru dan teleskop masa depan yang lebih powerful seperti James Webb Space Telescope dan Thirty Meter Telescope, Bender dan rekan berharap dapat memeriksa atmosfer planet yang lebih dingin dan lebih jauh dari bintang host di mana air cair bahkan lebih mungkin eksis.
Near-IR Direct Detection of Water Vapor in Tau Boo b

Alexandra C. Lockwood, John A. Johnson, Chad F. Bender, John S. Carr, Travis Barman, Alexander J.W. Richert, Geoffrey A. Blake

arXiv (Submitted on 4 Feb 2014)

Akses : arXiv:1402.0846

Gambar 1: NASA/G. Bacon (STScI/AVL)
Gambar 2: International Astronomical Union / Sky and Telescope Magazine
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment