Skip to main content

Teknik Baru Deteksi Air di Atmosfer Tau Boötis b

Laporan Penelitian - Para astronom mendeteksi air dalam atmosfer exoplanet seperti Jupiter, dunia alien yang dikenal sebagai Tau Boötis b, Tau Boötis Ab atau Millennium Planet yang ditemukan tahun 1996 sebagai hot-Jupiter yang mengorbit dekat di sekitar bintang host setiap 3 hari 7,5 jam.

Para astronom menggunakan satu teknik baru deteksi material dalam atmosfer exoplanet yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Terletak di konstelasi Boötes, sekitar 51 tahun cahaya dari Bumi, Tau Boötis b memiliki massa hampir 6 kali lipat Jupiter.

"Deteksi air di atmosfer Tau Boötes b penting karena membantu kita memahami bagaimana planet eksotis hot-Jupiter terbentuk. Juga menunjukkan efektivitas teknik baru deteksi radiasi infra merah di atmosfer," kata Chad Bender, astronom Penn State University.

"Planet-planet ini lebih dekat dengan kita daripada planet transit terdekat, tetapi sebagian besar telah diabaikan para astronom karena langsung mengukur atmosfer dengan teknik yang lama sulit dilakukan atau tidak mungkin," kata Bender.

Dengan teknik deteksi baru dan teleskop masa depan yang lebih powerful seperti James Webb Space Telescope dan Thirty Meter Telescope, Bender dan rekan berharap dapat memeriksa atmosfer planet yang lebih dingin dan lebih jauh dari bintang host di mana air cair bahkan lebih mungkin eksis.
Near-IR Direct Detection of Water Vapor in Tau Boo b

Alexandra C. Lockwood, John A. Johnson, Chad F. Bender, John S. Carr, Travis Barman, Alexander J.W. Richert, Geoffrey A. Blake

arXiv (Submitted on 4 Feb 2014)

Akses : arXiv:1402.0846

Gambar 1: NASA/G. Bacon (STScI/AVL)
Gambar 2: International Astronomical Union / Sky and Telescope Magazine

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…