Skip to main content

Asteroid Terekam Kamera Pukul Mare Nubium Lunar

www.LaporanPenelitian.com - Asteroid seukuran kulkas tertangkap kamera menabrak Bulan. Astronom menyaksikan pukulan asteroid yang menghantam permukaan Lunar, dampak batuan angkasa terbesar yang pernah tercatat.

Episode langka terjadi 11 September tahun lalu, Jose Madiedo, astronom University of Sevilla dan University of Huelva, mengoperasikan 2 teleskop Lunar melihat kedipan mata di Mare Nubium, area penuh basin kuno, ketika gelap. Suar seterang bintang di belahan Bumi utara.

"Pada saat itu saya menyadari bahwa saya melihat peristiwa sangat langka dan luar biasa," kata Madiedo.

Batu bermassa 400 kilogram, diameter 60-140 cm dan berkecepatan sekitar 61.000 kilometer per jam. Kecepatan begitu tinggi bahwa batu mencair ketika dampak dan langsung menguap, meninggalkan cahaya termal terlihat dari Bumi sebagai flash dan mewariskan kawah 40 meter.

Energi dampak setara dengan ledakan 15 ton TNT, lebih dari 3 kali lipat event terbesar yang dilaporkan NASA pada Maret 2013. Sebagai perbandingan, batu yang meledak di atas Chelyabinsk, Rusia, 15 Februari 2013, berukuran sekitar 20 meter dengan dan berat sekitar 13.000 ton.




José M. Madiedo (Departamento de Física Atómica, Molecular y Nuclear, Facultad de Física, Universidad de Sevilla, E-41012 Sevilla, Spain; Facultad de Ciencias Experimentales, Universidad de Huelva, E-21071 Huelva, Spain) et al. A large lunar impact blast on 2013 September 11. Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, February 23, 2014, DOI:10.1093/mnras/stu083
Gambar: Jose M. Madiedo/MIDAS
Video: José M. Madiedo

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…