Thursday, February 20, 2014

Gajah Asia Elephas maximus Saling Menghibur

Laporan Penelitian - Gajah Asia (Elephas maximus) menawarkan sentuhan meyakinkan di masa stres. Semua hewan mengalami stres dan beberapa termasuk Bonobo Pan paniscus, burung, serigala dan anjing menghibur rekan mereka pada saat dibutuhkan.

Gajah Asia (Elephas maximus) di sebuah taman di Thailand mengipas telinga panjang, mengangkat ekor dan bergemuruh atau meraung ketika terganggu oleh hal-hal di lingkungan seperti suara pesawat dan helikopter ketika melintas di sekitarnya.

"Selama berabad-abad, orang mengamati bahwa gajah tampaknya hewan sangat cerdas dan empatik, tetapi sebagai ilmuwan kita harus benar-benar mengujinya," kata Joshua Plotnik, ekolog Mahidol University di Kanchanaburi, Thailand.

Perilaku rekonsiliasi telah dibuktikan dalam banyak spesies yang menunjukkan kemampuan untuk penghiburan. Perilaku yang tidak biasa ini mengisyaratkan bahwa gajah mungkin memiliki kapasitas mental yang rumit seperti empati.

"Dengan ikatan sosial kuat maka tidak mengherankan gajah menunjukkan kepedulian terhadap orang lain, tidak berbeda dengan cara simpanse atau manusia merangkul seseorang yang marah," kata Frans de Waal, primatolog Emory University.

Salah satu hipotesis bahwa kognisi yang lebih kompleks mungkin mendasari semuanya. Alih-alih sebagai cara untuk mempertahankan atau memperbaiki hubungan dalam kelompok sosial, menghibur juga memerlukan empati dengan menempatkan diri secara emosional ke dalam kegelisahan orang lain.

"Laporan ini merupakan langkah pertama," kata Plotnik.




Asian elephants (Elephas maximus) reassure others in distress

Joshua M. Plotnik, Frans B.M. de Waal1
  1. Living Links, Yerkes National Primate Research Center and Department of Psychology, Emory University, Atlanta, GA, USA
PeerJ, 2014-02-18

Akses : DOI:10.7717/peerj.278

Gambar: E. Gilchrist (Golden Triangle Asian Elephant Foundation), Chiang Rai, Thailand
Video: JM. Plotnik dan Frans de Waal, DOI:10.7717/peerj.278
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment