Monday, February 17, 2014

Kepler 413b Dunia Bergoyang Cuaca Ekstrim

Laporan Penelitian - Dunia yang aneh, sebuah planet tidak menentu dan musim cepat berubah mengorbit 2 bintang. Musim yang aneh mungkin dari orbit sejajar dan remasan cepat bintang-bintangnya, temuan baru wahana pemburu planet NASA Kepler space telescope.

"Kami tidak tahu apakah misalignment adalah primordial yang berarti ada di sana ketika planet terbentuk atau jika efek disebabkan oleh planet lain dalam sistem," kata Veselin Kostov, astronom Johns Hopkins University dan Space Telescope Science Institute di Baltimore.

Kepler 413b sebagai super-Neptunus sebagian besar gas dan 65 kali massa Bumi, duduk 2300 tahun cahaya dari bintang host setiap 66 hari dalam orbit circumbinary. Kedua bintang host adalah katai oranye 80 persen massa Matahari dan katai merah kecil setengah massa Matahari.

"Ada sedikit misalignment orbit kedua bintang dan planet. Bedanya hanya sekitar 2,5 derajat. Bahkan planet-planet di Tata Surya kita tidak berbaris persis dengan rotasi Matahari," kata Kostov.

Kostov dan rekan menyatakan misalignment berarti tarikan gravitasi 2 bintang memperlakukan planet terus-menerus berubah tergantung pada jarak di antara setiap bintang dan planet yang menyebabkan presesi orbit ekstrim.

"Orbit Bumi juga precesses, tapi skala waktu 100.000 tahun. Jika kita membuat beberapa asumsi wajar sifat planet seperti massa, ukuran dan kecepatan rotasi maka kita dapat memperkirakan prosesi rotasi planet ini," kata Kostov.

Untuk Kepler 413b, Kostov dan rekan berhipotesis bahwa spin presesi sumbu adalah 11 tahun atau sama seperti presesi orbitnya. Ada hubungan presesi orbit dan rotasi memiliki efek dramatis terhadap cuaca di planet tersebut.

"Jika kedua precessions orbital dan rotasi mirip, mereka banyak beresonansi dan sumbu rotasi planet bervariasi dalam skala waktu sangat singkat. Planet yang jauh ini precessing pada skala waktu manusia sangat menakjubkan. Ini berarti cuaca gila," kata Rostov.

Kepler menemukan planet dengan mencari dips cahaya bintang yang disebabkan transit planet. Karena goyangan orbital, Kepler 413b terus bergerak naik atau turun. Perbedaan cukup sebagai petunjuk di depan bintang-bintang seperti yang terlihat Kepler.

"Lebih dari 1500 hari, kami melihat 3 transit dalam 180 hari pertama, kira-kira 1 setiap 66 hari," kata Kostov.
Kepler-413b: a slightly misaligned, Neptune-size transiting circumbinary planet

Veselin B. Kostov et al.

arXiv (Submitted on 28 Jan 2014)

Akses : arXiv:1401.7275

Gambar: NASA, ESA, and A. Feild (STScI)
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment