Thursday, February 13, 2014

Letupan Mitokondria Awal Prediksi Panjang Umur

Laporan Penelitian - Rentang hidup diprediksi ketika usia dini bahwa aktivitas di dalam mitokondria menentukan penuaan. Sebuah tim memegang jam takdir di tangan, semburan aktivitas di mitokondria yang memproduksi energi dalam sel nematoda secara akurat memprediksi berapa lama akan hidup.

Tidak seperti biomarker lain untuk penuaan yang bekerja di bawah kondisi terbatas, laporan baru berisi novel mitokondria sebagai prediktor stabil untuk berbagai sejarah genetik, tekanan lingkungan dan pertumbuhsn.

"Mitokondria berkedip memiliki kekuatan luar biasa untuk memprediksi umur yang tersisa. Ada kebenaran teori penuaan dalam mitokondria," kata Meng-Qiu Dong, genetikawan National Institute of Biological Sciences di Beijing.

Mitokondria adalah organel daya sel tumbuhan, hewan dan organisme eukariotik lainnya. Selama produksi energi, mitokondria menghasilkan molekul oksigen reaktif seperti radikal bebas yang dapat menyebabkan stres dan merusak diri sendiri.

Pada tahun 1972 sebuah laporan menyebutkan mitokondria terekstrak dari waktu ke waktu sebagai teori penuaan. Tetapi masih kontroversial dan belum terbukti. Pada tahun 2008 laporan lain menyebutkan mitokondria menghasilkan molekul oksigen reaktif dalam pulsa 10 detik atau "mitoflashes".

Dong dan rekan awalnya membandingkan tingkat mitoflash cacing Caenorhabditis elegans yang hidup rata-rata 21 hari, tapi cacing berumur panjang bisa hidup hingga 30 hari atau lebih. Di semua hewan ada 2 momen dalam hidup ketika mitoflashes berkumpul erat bersama-sama yaitu selama masa dewasa awal dan selama penuaan.

Caenorhabditis elegans dengan umur rata-rata 21 hari lebih sering berkedip dibanding rekan-rekan mereka yang berumur panjang. Korelasi terjadi di 29 mutan genetik dengan berbagai rentang hidup. Mitoflashes juga terbukti menjadi catatan kuat pengalaman hidup awal.
En-Zhi Shen (College of Biological Sciences, China Agricultural University, Beijing 100094, China; National Institute of Biological Sciences, Beijing, Beijing 102206, China) et al. Mitoflash frequency in early adulthood predicts lifespan in Caenorhabditis elegans. Nature, 12 February 2014, DOI:10.1038/nature13012
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment