Skip to main content

Eksperimen Fusi Laser Lewati Ambang Simbolis

www.LaporanPenelitian.com - Eksperimen fusi laser mengekstrak energi bersih. Menggunakan perakitan paling kuat di dunia laser, tim di National Ignition Facility (NIF) di Livermore, California, untuk pertama kalinya melintasi ambang simbolis penting menuju eksploitasi sumber energi tak terbatas.

Tenaga fusi laser melewati tonggak penting, energi bersih terinspirasi oleh bintang-bintang impian para ilmuwan mengejar fusi nuklir dimana inti atom sekering bersama dan melepaskan energi lebih banyak daripada bahan bakar diserap untuk memulai reaksi.

"Ini langkah signifikan dalam penelitian fusi. Tapi ada jalan panjang ke depan untuk energi fusi sebagai sumber listrik," kata Omar Hurricane dari Lawrence Livermore National Laboratory.

Di dalam inti bintang, atom panas dan tekanan kuat sekering hidrogen menciptakan inti helium dan melepaskan sejumlah besar energi. Tim NIF sedang berusaha untuk mencapai efek yang sama dengan menembakkan 192 sinar laser ke dalam ruang emas yang mengubah energi laser menjadi pulsa sinar-X.

Rangkaian 4 pulsa meremas pelet bahan bakar kecil yang mengandung deuterium dan tritium, dua isotop hidrogen yang menyebabkan pelet meledak dan sebentar menjalani fusi. NIF sudah melakukan sejak tahun 2009, namun sangat lambat mencapai kemajuan.

Laboratorium melewatkan tenggat waktu September 2012 untuk pengapian yang ditetapkan Kongres AS. Jadi pada tahun 2013, NIF menyesuaikan set-up laser sehingga sinar-X memukul pelet bahan bakar dalam 3 pulsa, pemanasan bahan bakar lebih cepat.
O. A. Hurricane (Lawrence Livermore National Laboratory, PO Box 808, Livermore, California 94551, USA) et al. Fuel gain exceeding unity in an inertially confined fusion implosion. Nature, 12 February 2014, DOI:10.1038/nature13008
Gambar: Lawrence Livermore National Laboratory

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…