Saturday, February 8, 2014

Jejak Kaki Hominin Eropa Tertua di Luar Afrika

LaporanPenelitian.com - Jejak kaki manusia tertua di luar Afrika terawetkan di Inggris. Jejak kaki berdating 850.000 hingga 950.000 tahun setidaknya milik 5 orang terawetkan di bibir pantai di Norfolk, Inggris, setelah erosi badai parah mengikis tebing.

Badai yang menganyutkan sedimen pantai pada bulan Mei tahun lalu membuka 49 jejak kaki. Dalam waktu 2 minggu, hasil cetak telah tersapu oleh laut, tetapi tim arkeolog dengan hati-hati berhasil mencatat dengan menggabungkan beberapa foto digital untuk membangun presisi tinggi gambar 3D.

"Kami menduga setidaknya 2 atau 3 anak di antara mereka. Tiga cetakan berasal dari 1 individu lebih tinggi, kami pikir itu laki-laki. Mereka mungkin mencari makan di sepanjang pantai sungai," kata Isabelle De Groote, antropolog Liverpool John Moores University.

Briton awal mungkin spesies Homo antecessor, hominin Eropa ini pertama kali muncul sekitar 1,2 juta tahun lalu dan menghilang dari Eropa sekitar 600.000 tahun. Kemudian muncul Homo heidelbergensis hingga digantikan Homo neanderthalensis sekitar 400.000 tahun lalu yang hidup sisi by sisi dengan Homo sapiens.

"Mereka menghadapi kondisi lebih keras dari hari ini, mungkin memiliki lebih banyak lemak tubuh. Atau apakah mereka memakai pakaian atau membuat penahan angin dan apakah mereka memiliki api? Kami tidak memiliki bukti sama sekali," kata Chris Stringer, kurator Natural History Museum di London.

Iklim 850.000 tahun lalu lebih dingin daripada sekarang sehingga berada di batas paling utara pemukiman hominin. Usia jejak kaki seumur dengan fosil rusa raksasa dan tanaman yang digali pada tahun 2010. Alat-alat batu, tulang hewan dan artefak lainnya juga ditemukan di dekat situs pantai.

Bersama ini menunjukkan bahwa manusia mencapai Eropa Utara 350.000 tahun lebih awal dari perkiraan sebelumnya. Jejak kaki hominin yang lebih tua ada di Afrika berdating 3,5 juta dan 1,5 juta tahun masing-masing di Laetoli Tanzania dan Koobi Fora di Kenya.




Hominin Footprints from Early Pleistocene Deposits at Happisburgh, UK

Nick Ashton1 et al.
  1. Department of Prehistory and Europe, British Museum, London, United Kingdom
PLoS ONE, February 7, 2014

Akses : DOI:10.1371/journal.pone.0088329

Gambar: British Museum
Video: Natural History Museum London
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment