Langsung ke konten utama

Lengan Prostetik Kirim Sinyal Sensasi Sentuhan

Laporan Penelitian - Prostetik memberikan rasa sentuh orang yang kehilangan tangan, elektroda membiarkan seseorang merasakan perbedaan antara bola bisbol atau gelas lemon. Sebuah tangan palsu baru memungkinkan pemakainya merasakan gelas, bola, kapas lembut atau kayu keras.

Perangkat untuk memulihkan rasa sntuhan manusia dengan merangsang saraf di lengan. Setelah Dennis Aabo Sørensen kehilangan bagian lengan kirinya dalam kecelakaan, para peneliti menanam elektroda ke saraf yang masih tersisa di lengannya.

Ketika tangan palsunya menyentuh obyek, elektroda merangsang saraf Sørensen yang kemudian mengirim sinyal sentuh untuk otak. Dengan tangan palsu ini, Sørensen yang menutup matanya mampu merasakan perbedaan antara bisbol, botol dan jeruk mandarin.

Silvestro Micera dari Swiss Federal Institute of Technology di Lausanne, Italia, dan École Polytechnique Federale de Lausanne di Swiss, dan rekan melaporkan perangkat yang dirancang untuk menyampaikan sensasi sentuhan. Perbaikan membantu prostetik berintegrasi mulus dengan tubuh.




Stanisa Raspopovic (The BioRobotics Institute, Scuola Superiore Sant’Anna, Pisa 56025, Italy; Translational Neural Engineering Laboratory, Center for Neuroprosthetics and Institute of Bioengineering, School of Engineering, Ecole Polytechnique Federale de Lausanne, Lausanne CH-1015, Switzerland) et al. Restoring Natural Sensory Feedback in Real-Time Bidirectional Hand Prostheses. Science Translational Medicine, 5 February 2014: Vol. 6, Issue 222, p. 222ra19, DOI:10.1126/scitranslmed.3006820
Gambar: LifeHand 2/Patrizia Tocci
Video: epflnews

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…