Thursday, February 6, 2014

Efek YORP Membuka Interior Asteroid Itokawa

www.LaporanPenelitian.com - Asteroid menunjukkan perbedaan dalamnya, kepadatan asteroid Itokawa tidak sama di seluruh bagian. Batuan ruang berbentuk kacang lebih kompak pada satu sisi dari pada sisi lain. Gagasan bahwa kepadatan asteroid bervariasi, tapi baru sekarang dikonfirmasi.

Ditemukan pada tahun 1998 dalam proyek LINEAR, asteroid ini diberi nama sementara SF36 dan secara resmi dinamai ilmuwan roket Jepang Hideo Itokawa. Berbentuk kacang, panjang 630 m dan lebar 250 m seperti diungkap wahana Hayabusa pada tahun 2005.

Menggunakan pengamatan presisi berbasis darat ESO’s New Technology Telescope (NTT), tim internasional menunjukkan asteroid (25143) Itokawa memiliki kerapatan berbeda. Tim mengukur kecepatan di mana asteroid berputar dan bagaimana tingkat spin berubah dari waktu ke waktu.

Ketika dikombinasikan dengan pengetahuan tentang bentuk asteroid, data ini memungkinkan para ilmuwan mengeksplorasi interior sehingga dapat mengungkapkan kompleksitas dalam core untuk pertama kalinya.

"Pertama kalinya kami bisa menentukan di dalam sebuah asteroid. Kita bisa melihat Itokawa memiliki struktur sangat bervariasi, temuan ini langkah maju signifikan dalam pemahaman kita tentang form berbatu di Tata Surya," kata Stephen Lowry, fisikawan University of Kent di Inggris.

Spin sebuah asteroid dan form kecil lainnya dipengaruhi oleh Sinar Matahari. Fenomena ini dikenal sebagai Yarkovsky-O’Keefe-Radzievskii-Paddack (YORP) effect. Terjadi ketika cahaya yang diserap dari Matahari kembali dipancarkan dari permukaan objek dalam bentuk panas.

Jika kontur sangat tidak teratur maka panas dipancarkan tidak merata, sedikit tapi terus-menerus dalam torsi dan perubahan tingkat spin. Efek YORP perlahan-lahan mempercepat Itokawa berputar. Perubahan periode rotasi 0,045 detik per tahun.

Ini adalah pertama kalinya para ilmuwan menemukan bukti. Pengamatan membantu ilmuwan lebih memahami bagaimana benda bertabrakan di Tata Surya, bagaimana planet terbentuk dan bagaimana berkunjung dan mendarat ke asteroid di masa depan.
The internal structure of asteroid (25143) Itokawa as revealed by detection of YORP spin-up

S. C. Lowry1 et al.
  1. Centre for Astrophysics and Planetary Science, School of Physical Sciences (SEPnet), The University of Kent, Canterbury, CT2 7NH, UK
Astronomy & Astrophysics, February 2014

Akses : DOI:10.1051/0004-6361/201322602

Gambar: ESO/JAXA
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment