Saturday, February 1, 2014

Ketika Ular Surga Chrysopelea paradisi Terbang

LaporanPenelitian.com - Seekor ular meluncur mendapatkan beberapa daya angkat dengan menyebarkan tulang rusuk. Beberapa ular jatuh, tapi Ular Surga Chrysopelea paradisi melebar dan merata tubuhnya seolah-olah mengepak sayap.

Tidak seperti pose Superman yang meregang tubuh lurus, gerakan Ular Surga Chrysopelea paradisi bergelombang dan membentuk cambuk kurva S di udara dalam gerakan video 3D. Dari ketinggian 10 meter, C. paradisi meluncur ke depan sejauh 10-21 meter.

Akrobat udara keluarga ular Chrysopelea terdiri dari 5 spesies semua dari Asia Selatan dan Asia Tenggara yang tinggal di pohon-pohon dengan mudah melompat dari cabang-cabang untuk menghindari predator. Jake Socha dari Virginia Tech di Blacksburg dan tim merekam video 3D.

Ketika mengkaitkan ekor pada cabang maka bagian kepala memiliki kekuatan untuk mengarahkan lokasi pendaratan. Bentuk sosis bulat tetapi selama meluncur tulang rusuk melebar. Penampang bulat berubah menjadi sebuah kubah.






Daniel Holden (Department of Mechanical Engineering, Virginia Tech, 100S Randolph Hall, Blacksburg, VA 24061, USA) et al. Aerodynamics of the flying snake Chrysopelea paradisi: how a bluff body cross-sectional shape contributes to gliding performance. Journal of Experimental Biology, February 1, 2014, DOI:10.1242/jeb.090902
Gambar: Jake Socha
Video 1: Jake Socha; Video 2: The Company of Biologists
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment