Skip to main content

Peta Awan Cuaca Katai Coklat Luhman 16B

www.LaporanPenelitian.com - Para astronom memeta awan di katai coklat, teknik untuk mengungkap cuaca bintang gagal yang bisa juga dilakukan dengan cara yang sama terhadap exoplanets. Luhman 16B, katai coklat terdekat di luar Tata Surya, objek pertama yang dipetakan.

Awan mengelilingi Luhman 16B, katai coklat hanya 6,6 tahun cahaya di konstelasi Vela, objek gas lebih besar dari planet tapi terlalu kecil untuk memompa hidrogen sebagaimana dilakukan bintang sejati.

Laporan sebelumnya mengisyaratkan atmosfer ultrahot katai coklat mengandung besi cair, kalsium, silikon dan aluminium. Untuk melihat awan Luhman 16B, Ian Crossfield, astronom Max Planck Institute for Astronomy di Heidelberg, Jerman, dan tim menggunakan ESO Very Large Telescope di Chile.

Tim mengumpulkan cahaya dalam panjang gelombang inframerah tujuh band di mana Luhman 16B berputar pada porosnya. Daerah gelap menunjukkan awan lebih tinggi, awan dingin (tapi masih cukup panas untuk melelehkan besi). Sedangkan patch ringan menunjukkan lebih rendah.

Patch berawan berlangsung sekitar 5 jam yang merupakan panjang 1 hari di Luhman 16B. Karena katai coklat mirip dengan komposisi gas raksasa seperti Jupiter, Crossfield berpikir teknik yang sama dapat membantu astronom menafsirkan cuaca exoplanet.






I. J. M. Crossfield (Max Planck Institut für Astronomie, Königstuhl 17, 69117 Heidelberg, Germany) et al. A global cloud map of the nearest known brown dwarf. Nature, 29 January 2014, DOI:10.1038/nature12955
Gambar dan video: ESO/I. Crossfield

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…