Wednesday, January 29, 2014

Rover Yutu China Mungkin Tersedak Debu Lunar

Laporan Penelitian - Rover China, Jade Kelinci, mungkin tersedak debu Lunar. Pemerintah China pertama kali melaporkan masalah terjadi pada rover tanggal 25 Januari. Beberapa sumber lain berspekulasi salah satu panel surya Jade Rabbit tidak terlipat dengan baik.

Rover China berhenti bekerja 6 minggu dari misi 3 bulan di Lunar. Lander Chang'e-3 yang mendarat pada tanggal 14 Desember dan merilis rover Yutu sekitar 7 jam kemudian. Kedua mesin berhasil memasuki mode hibernasi selama malam pertama.

Di Lunar suhu permukaan siang hari sekitar 90oC dan malam hari terjun di bawah -180oC. Yutu tampaknya telah gagal. Kantor berita Xinhua melaporkan rover mengalami kesalahan mekanis. Tidak ada rincian lebih lanjut oleh China's State Administration for Science, Technology and Industry for National Defence.

Ketika suhu terjun, tiang panel surya dirancang melipat ke bawah untuk melindungi instrumen lembut agar tetap hangat oleh sumber panas radioaktif. Yutu juga perlu sudut panel menuju titik Matahari terbit. Kesalahan sistem ini bisa fatal terkena dingin.

Spekulasi lain debu lunar abrasif dampak micrometeoroid menjadi debu kaca bermuatan yang dibombardir partikel matahari. Debu elektrostatis dapat menempel pada bagian-bagian sensitif. Perubahan suhu drastis menempatkan stres pada sistem penggerak mekanik.
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment