Sunday, January 19, 2014

Manuver Setan Elang Peregrine Falco peregrinus

www.LaporanPenelitian.com - Elang Peregrine (Falco peregrinus) berburu dengan kecepatan hingga 322 kilometer per jam ketika menukik dan manuver tepat pada mangsanya. Dalam kompetisi udara, Falco peregrinus burung juara.

Pencabut nyawa, Elang Peregrine salah satu raptor dunia paling luas, hidup hampir di mana-mana dari tundra Arktik hingga daerah tropis. Meskipun kadang-kadang berburu mamalia kecil, mereka juga berburu hampir seluruh burung lain.

Top predator tercipta untuk bertempur di udara. Bahkan memukul burung gagak yang berukuran hampir sama. Kadang-kadang secara tiba-tiba menjatuhkan diri di udara atau membuat perubahan gerakan tak terduga lalu meliuk dalam duel brutal di udara.

Suzanne Amador Kane, fisikawan Haverford College Pennsylvania, dan rekan memasang ransel berisi kamera video ketika Falco peregrinus berburu. Tim juga memasang untuk spesies hierofalcons lain yaitu Falco rusticolus, Falco rusticolus dan Falco cherrug.

Kane dan rekan susah payah merekonstruksi gerakan di setiap frame untuk membangun model matematika. Predator menggunakan metode kecepatan dengan meregang kepala lurus untuk mengoptimalkan aerodinamika, sementara mengawasi mangsa pada sudut 45 derajat.

Dari bidang pandang, burung menggunakan metode yang umum digunakan para pelaut untuk menghindari tabrakan. Mereka selalu terbang menuju lokasi mangsa masa depan dengan mencegat posisi jalur ke depan. Seperti kelelawar dan capung dengan menjaga mangsa stabil dalam bidang visual.




Suzanne Amador Kane and Marjon Zamani (Physics Department, Haverford College, Haverford, PA 19041, USA). Falcons pursue prey using visual motion cues: new perspectives from animal-borne cameras. Journal of Experimental Biology, January 15, 2014, DOI:10.1242/jeb.092403

Gambar: Eddy de Mol; Video: The Company of Biologists

Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment