Skip to main content

Serangan Udara Ikan Macan Afrika Hydrocynus vittatus

Laporan Penelitian - Ikan melompat dan hap menangkap burung sedang terbang. Ikan Macan Afika (Hydrocynus vittatus) menerkam mangsa hidup-hidup dengan menyambar burung yang sedang terbang di udara danau Afrika.

Di perairan danau Afrika tampak indah, tenang dan damai. Beberapa burung migran terbang di atas dekat permukaan. Tiba-tiba tak diduga predator dengan cepat melompat dari dalam air, ikan meraih salah satu burung langsung dari udara. Ini sangat keren.

"Seluruh aksi melompat, menangkap dan menelan terjadi begitu cepat. Kita pertama kali melihatnya. Kami butuh waktu sesaat untuk benar-benar sepenuhnya memahami kejadian yang baru saja terlihat," kata Nico Smit, enviromentalis North-West University di Potchefstroom, South Africa.

"Ini dikonfirmasi pertama ikan air tawar memangsa burung dalam penerbangan. Rumor perilaku African tigerfish (Hydrocynus vittatus) yang dilaporkan melompat 1 meter panjang sudah beredar sejak tahun 1940," kata Smit.

Danau Mapungubwe National Park di Afrika Selatan adalah oase jalur migrasi burung Wallet Barn (Hirundo rustica) di dekat perbatasan Botswana dan Zimbabwe. Smit dan rekan merekam video 20 serangan ikan sukses setiap hari.




First observation of African tigerfish Hydrocynus vittatus predating on barn swallows Hirundo rustica in flight

G. C. O'Brien1 et al.
  1. Water Research Group (Ecology), Unit of Environmental Sciences and Management, North-West University, Potchefstroom, South Africa
Journal of Fish Biology, 19 DEC 2013

Akses : DOI:10.1111/jfb.12278

Gambar: Les Gibbon/Alamy
Video: G. C. O'Brien et al., DOI:10.1111/jfb.12278

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…