Thursday, January 9, 2014

Alarm Tikus Ekor Hitam Cynomys ludovicianus

LaporanPenelitian.com - Tikus Ekor Hitam Padang Rumput (Cynomys ludovicianus) memancarkan alarm kewaspadaan kepada rekan-rekannya. Tingkah jingkrak dan teriakan yang menggemaskan tes dari sistem penyiaran darurat.

Rodent padang rumput mencari makan di dekat liang sering muncul dengan kaki belakang di tanah dan kaki depan di udara lalu teriak "wee-oo". Perilaku yang menyebar ke seluruh rombongan secepat "gelombang" di tribun penonton pertandingan sepak bola.

Yip untuk memastikan tetangga mereka waspada, jika mendapatkan banyak tanggapan, mereka bersantai sedikit, lanjut mencari makan lebih banyak dan menghabiskan lebih sedikit waktu pemindaian cakrawala munculnya predator.

"Mungkin implikasi paling mencolok dari seluruh hal ini menunjukkan kepada kita bahwa mereka memiliki konsep sebagai individu yang unik," kata James Hare, biolog University of Manitoba.

"Mereka memanfaatkan kesadaran orang lain dan secara aktif menyelidiki kesadaran itu. Saya mulai memikirkan hal itu sebagai ujian potensial dari sistem siaran darurat," kata Hare.

Setiap individu ingin memastikan bahwa tetangga mereka membayar perhatian karena perilaku memberikan umpan balik sehingga Cynomys ludovicianus terus-menerus yakin bahwa orang lain juga ikut berjaga-jaga dari sudut yang berbeda.






James F. Hare (Department of Biological Sciences, University of Manitoba, Winnipeg, Manitoba, Canada R3T 2N2) et al. Catch the wave: prairie dogs assess neighbours’ awareness using contagious displays. Proceedings of the Royal Society B. 8 January 2014, DOI:10.1098/rspb.2013.2153
Gambar: Darlene Stack
Video: James F. Hare et al., DOI:10.1098/rspb.2013.2153
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment