Tuesday, January 7, 2014

Pulsar PSR J0337+1715 Tes Relativitas Umum Einstein

LaporanPenelitian - Sistem triple-bintang menawarkan petunjuk sifat gravitasi sesungguhnya, sebuah sistem bintang unik pulsar superdense PSR J0337+1715 dan 2 katai putih dikemas dalam ruang sekecil orbit Bumi mengelilingi Matahari. Jendela baru salah satu masalah utama fisika dasar yaitu hakikat gravitasi.

Dalam kudeta kosmik, trio stellar menggairahkan tes Teori Gravitasi Einstein. Para astronom menggunakan NSF’s Green Bank Telescope menemukan suar pulsar diorbit 2 bintang. Sistem tripel bintang bisa segera digunakan untuk menguji Teori Relativitas Umum yang belum pernah terjadi sebelumnya.

"Sistem ini memberi kita laboratorium alam kosmik jauh lebih dari apa pun sebelumnya untuk menyelidiki secara persis bagaimana Relativitas Umum dalam kondisi ekstrim," kata Scott Ransom, astronom National Radio Astronomy Observatory.

Sebuah pulsar terdiri 1 bintang neutron, core bintang masif bangkai ledakan supernova. Gravitasi meremas begitu intens bahwa inti atom berbaur ke dalam lingkup sebuah neutron. Bintang neutron berputar sehingga meludah gelombang radio menyapu langit seperti berkas cahaya mercusuar menyapu laut.

Pulsar berkedip setiap 2,73 milidetik dengan variasi waktu kedatangan berkisar 2,5 detik yang menyarankan pulsar dalam orbit melingkar dengan kerdil putih dan pasangan berbalik satu sama lain setiap hari. Seperti setup biner jauh kurang umum daripada pulsar solo.

"Kami membuat pengukuran paling akurat dalam astrofisika dari posisi relatif bintang-bintang dalam sistem," kata Anne Archibald, astronom Netherlands Institute for Radio Astronomy.

Pulsar bermassa 1,4 kali Matahari dan berputar 366 kali per detik, berada dalam orbit ketat yang berlangsung 1,6 hari dengan bintang kerdil putih bermassa hanya 20% Matahari. Sebuah kerdil putih kedua bermassa 41% Matahari yang mengorbit setiap 327 hari.

"Sementara Teori Relativitas Umum Einstein sejauh ini telah dikonfirmasi di setiap eksperimen, tidak kompatibel dengan teori kuantum. Sistem triple ini memberi kita kesempatan langka mencari penyimpangan spesifik Strong Equivalence Principle," kata Ransom.

Menurut persamaan E = mc2, energi sama dengan massa. Jadi sebuah benda atau massa sistem dapat dihasilkan oleh energi dalam medan gravitasi sistem itu sendiri. Strong Equivalence Principle bahkan jika benda termasuk massa gravitasi dan inersia masih sama.




A millisecond pulsar in a stellar triple system

S. M. Ransom et al.

arXiv (Submitted on 2 Jan 2014)

Akses : arXiv:1401.0535

Gambar dan video: Bill Saxton/NRAO/AUI/NSF
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment