Saturday, December 7, 2013

Kerangka Parsial Paranthropus boisei Di Tanzania

Laporan Penelitian - Paranthropus boisei, hominim 1,34 Juta tahun, di Tanzania. Kerangka parsial Plio-Pleistocene termasuk lengan, tangan dan fragmen kaki yang ditemukan di situs Olduvai Gorge di Tanzania salah satu peristiwa terbaru hominin sebelum punah di Afrika Timur.

Satu leluhur manusia berdating 1,34 juta tahun, Paranthropus boisei ditandai dengan rahang dan tengkorak, makhluk berotot dengan tubuh bagian atas seperti gorila dan lebih adaptif terhadap lingkungan. Kerangka parsial melengkapi novel menjelang kepunahan di Afrika Timur.

"Pertama kalinya kami menemukan tulang yang menunjukkan makhluk ini lebih kasar menggabungkan penggerak bipedal terestrial dengan perilaku arboreal," kata Charles Musiba, antropolog di University of Colorado Denver.

Temuan pertama tengkorak Paranthropus boisei oleh antropolog Mary Leakey pada tahun 1959 di Tanzania. Rahang dan tengkorak besar pertama kali berevolusi di Afrika Timur 2,3 juta tahun lalu yang membangun pemahaman adaptasi kerangka tubuh hominin kuno sampai saat ini.


Selama penggalian di Olduvai pada 2010-2011, Musiba dan tim menemukan kerangka parsial individu dewasa yang diwakili berbagai gigi dan bagian tulang. P. boisei adalah spesies hominin kuno berumur panjang.

Tanpa adanya bukti sisa-sisa kerangka lainnya, kerangka P. boisei diasumsikan seperti halnya spesies kuno dari genus Australopithecus, fisiologi dari individu-individu spesies tertentu dan bagaimana sebenarnya menyesuaikan dengan jenis habitat.

"Kami tahu tentang jenis makanannya omnivora, lebih condong ke arah tanaman, tetapi sekarang kita tahu lebih banyak vagaimana berjalan dan sekarang kita tahu adalah pemanjat pohon," kata Musiba.

"Ini cabang berbeda pada pohon leluhur kita. Datang lebih lambat dari hominin lain sehingga pertanyaannya sekarang adalah apa yang terjadi? Kita harus melakukan lebih banyak pekerjaan pada biomekanik dan melihat apa lagi yang dilakukan makhluk ini," kata Musiba.
First Partial Skeleton of a 1.34-Million-Year-Old Paranthropus boisei from Bed II, Olduvai Gorge, Tanzania

Manuel Domínguez-Rodrigo1,2 et al.
  1. Instituto de Evolución en África, Museo de los Orígenes, Madrid, Spain
  2. Department of Prehistory, Complutense University, Madrid, Spain
PLoS ONE, December 5, 2013

Akses : DOI:10.1371/journal.pone.0080347

Gambar 1: Cicero Moraes via Wikimedia Commons; Gambar 2: Manuel Domínguez-Rodrigo et al.
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment