Sunday, December 1, 2013

Android Rusia SAR-401 Melayani Tugas Ruang

Laporan Penelitian - Android Rusia bersiap spacewalk. Prototype cosmobot SAR-401 tampak cukup senang pergi ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS), tubuh mirip manusia dirancang untuk melayani eksterior ISS dengan meniru gerakan lengan dan jari manusia.

Saatnya robot melakukan eksplorasi ruang. Android SAR-401 fokus bekerja di eksterior ISS yang berisiko, sedangkan kosmonot relatif aman mengoperasikan dari interior stasiun. SAR-401 dikembangkan awal tahun 2013 dan saat ini sedang uji terestrial.

"Kami bekerja pada 2 kemungkinan skenario yaitu darurat robot dikelola dari Bumi dan operasi rutin dikelola dari dalam ISS," kata Vyacheslav Sychkov, direktur Android Technics saat demonstrasi di Yury Gagarin Cosmonaut Training Center.

SAR-401 dirancang kompatibel dengan manipulator Eropa Robotic Arm di segmen Rusia dari ISS. Android ini juga menggunakan sistem komunikasi yang mampu menerima pesan dari Bumi. Belum jelas apakah robot ditempatkan di dalam saja atau secara permanen di luar stasiun.

"Android tidak bisa menggantikan manusia dalam waktu dekat. Robot tidak pernah bisa menggambil tugas penuh. Ini interaksi," kata Sergey Krikalyov, Kepala Pusat Pelatihan Kosmonot.

NASA memiliki Robonaut-2 yang diluncurkan ke orbit pada tahun 2011. Android Amerika Serikat dirancang untuk membantu kru di dalam stasiun karena tidak memiliki jenis perlindungan yang dibutuhkan untuk berfungsi di ruang terbuka.

Bulan Agustus lalu astrobot Jepang, Kirobo, tiba di stasiun. Tugas utama dari android kecil ini untuk mengksplorasi bagaimana manusia dan robot dapat berinteraksi dalam ruang sebagai kemampuannya termasuk pengenalan suara dan sintesis pidato.




Gambar: Mikhail Pochuyev/Photas/Tass/PA
Video: Russia Today
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment