Skip to main content

Cassini Rilis Saturnus, Titan, Rhea dan Enceladus

Laporan Penelitian - Cassini rekam gambar baru dari Saturnus, Titan, Rhea dan Enceladus. Tim NASA Cassini merilis panorama menakjubkan sistem Saturnus dan tiga bulannya yaitu Titan, Enceladus dan Rhea. Kamera wide-angle Cassini pada tanggal 22 Juli 2013 membidik dalam warna alami.

"Musim liburan kesepuluh di Saturnus, kami mengeksplorasi sistem planet indah," kata Carolyn Porco dari Space Science Institute di Boulder.

Gambar pertama, karakteristik heksagonal aliran jet utara planet terlihat agak kuning. Pada kutub nampak versi Saturnus dengan badai berkecepatan tinggi. Gambar berpusat di medan lintang 75 derajat utara, 120 derajat bujur barat. Diakuisisi pada jarak 984.000 km dari planet.


Gambar kedua, diambil dengan sudut sempit Cassini tanggal 16 Juni 2011 menunjukkan bulan terbesar Saturnus yaitu Titan dan Rhea. Gambar ini terlihat ke arah sisi Saturnus menghadap Rhea. Utara pada Rhea berputar 35 derajat ke kanan. Diakuisisi pada jarak 1,8 juta km dari Rhea dan 2,5 juta km dari Titan.


Gambar ketiga, diambil dengan sudut sempit Cassini pada tanggal 10 Maret 2012 menunjukkan Enceladus, bulan terbesar keenam di Saturnus. Enceladus putih berkilauan, snowball moon dengan hampir 100 geyser tersebar di seluruh wilayah kutub selatan dan menyembur partikel es ke ruang angkasa.

Sebagian besar partikel Enceladus jatuh kembali ke permukaan seperti salju, tapi sebagian kecil lolos gravitasi ke orbit di sekitar Saturnus membentuk cincin E yang luas. Para ilmuwan percaya geyser terhubung ke lautan di bawah permukaan yang kaya organik.

Enceladus adalah rumah bagi salah satu zona layak huni extraterrestrial paling menggiurkan di Tata Surya. Gambar ini terlihat ke arah sisi timur Enceladus dan berputar 6 derajat ke kiri. Diakuisisi pada jarak 170.000 km dari Enceladus.
NASA/JPL-Caltech/Space Science Institute
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.