Friday, December 27, 2013

Janji Kiamat Exopanet Kepler-91b Di Ujung Kematian

Laporan Penelitian - Kiamat menagih janji di dunia alien, planet ekstrasurya Kepler-91b nyaris diujung kematian, setidaknya pada skala waktu astronomi. Planet yang duduk 3.360 tahun cahaya dari Bumi di dekat konstelasi Lyra dalam waktu dekat ditelan bintang induknya dalam waktu 55 juta tahun dari sekarang.

Berdasarkan perubahan cahaya, para astronom mengukur planet Kepler - 91b seukuran dengan Jupiter mengorbit 6 kali sehari dengan jarak 11 juta kilometer dari bintang Kepler-91, raksasa merah bermassa setara Matahari tapi kembung hingga 6 kali radius Matahari.


Sebagai perbandingan, Merkurius duduk sekitar 46 juta kilometer dari Matahari di bagian paling dekat dari orbit dan mengelilingi bintang setiap 88 hari. Di antara planet-planet di sekitar bintang-bintang raksasa, Kepler-91b planet paling dekat dengan bintang host.

Para astronom berharap menonton Kepler-91b untuk mencicipi bagaimana rasa yang terjadi ketika planet mendekati kematian dan juga preview apa yang mungkin terjadi ke Bumi dalam beberapa miliar tahun mendatang ketika Surya jahanam menyantap hidangan Sistem Surya.
Kepler-91b: a planet at the end of its life. Planet and giant host star properties via light-curve variations

J. Lillo-Box, D. Barrado, A. Moya, B. Montesinos, J. Montalbán, A. Bayo, M. Barbieri, C. Régulo, L. Mancini, H. Bouy, T. Henning

arXiv (Submitted on 14 Dec 2013)

Akses : arXiv:1312.3943

Gambar: David Cabezas Jimeno
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment