Skip to main content

Janji Kiamat Exopanet Kepler-91b Di Ujung Kematian

Laporan Penelitian - Kiamat menagih janji di dunia alien, planet ekstrasurya Kepler-91b nyaris diujung kematian, setidaknya pada skala waktu astronomi. Planet yang duduk 3.360 tahun cahaya dari Bumi di dekat konstelasi Lyra dalam waktu dekat ditelan bintang induknya dalam waktu 55 juta tahun dari sekarang.

Berdasarkan perubahan cahaya, para astronom mengukur planet Kepler - 91b seukuran dengan Jupiter mengorbit 6 kali sehari dengan jarak 11 juta kilometer dari bintang Kepler-91, raksasa merah bermassa setara Matahari tapi kembung hingga 6 kali radius Matahari.


Sebagai perbandingan, Merkurius duduk sekitar 46 juta kilometer dari Matahari di bagian paling dekat dari orbit dan mengelilingi bintang setiap 88 hari. Di antara planet-planet di sekitar bintang-bintang raksasa, Kepler-91b planet paling dekat dengan bintang host.

Para astronom berharap menonton Kepler-91b untuk mencicipi bagaimana rasa yang terjadi ketika planet mendekati kematian dan juga preview apa yang mungkin terjadi ke Bumi dalam beberapa miliar tahun mendatang ketika Surya jahanam menyantap hidangan Sistem Surya.
Kepler-91b: a planet at the end of its life. Planet and giant host star properties via light-curve variations

J. Lillo-Box, D. Barrado, A. Moya, B. Montesinos, J. Montalbán, A. Bayo, M. Barbieri, C. Régulo, L. Mancini, H. Bouy, T. Henning

arXiv (Submitted on 14 Dec 2013)

Akses : arXiv:1312.3943

Gambar: David Cabezas Jimeno
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.