Skip to main content

Hormon Tiroid Bonobo Pan paniscus dan Sosial

www.LaporanPenelitian.com - Bonobo tetap awet muda dan bersahabat. Tidak seperti manusia dan simpanse, Bonobo (Pan paniscus) mempertahankan tingginya hormon tiroid hingga masa dewasa.

Terlepas dari kenyataan bahwa bonobo (Pan paniscus) dan simpanse (Pan troglodytes) berbagi kondisi awal yang sama saat lahir, mereka mengembangkan pola perilaku berbeda di kemudian hari. Perbedaan-perbedaan mungkin disebabkan kadar hormon yang berbeda.

Tim Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology di Leipzig, Jerman, dan Royal Zoological Society of Antwerp di Belgia menganalisis hormon tiroid sampel urin bonobo dan simpanse. Bonobo mempertahankan konsentrasi hormon tiroid tinggi hingga dewasa.

Peran penting tiroid dalam perkembangan semua vertebrata, pada simpanse dan manusia konsentrasi hormon tiroid menurun pasca pubertas.

Keterlambatan penurunan hormon tiroid pada bonobo memiliki konsekuensi pada perilaku dan mungkin juga perkembangan tertunda kapasitas mental.

Thyroid hormones Triiodthyronin (T3) dan Thyroxin (T4) mempengaruhi perkembangan ontogenetic. Sebelum lahir, kedua hormon bertanggung jawab untuk otak dan pertumbuhan somatik serta pematangan dan munculnya tahap perkembangan pubertas dan dewasa.

Dampak sosial hormon ini bonobo jantan kurang agresif, terlibat persahabatan erat dengan perempuan dan menerima dukungan seumur hidup dari ibu. Sebaliknya, jaringan sosial simpanse patriakal dan strategi agresif untuk memperoleh status sosial.

"Kami menunjukkan bonobo laki-laki sangat rendah perilaku agresif karena memiliki hormon thyroid lebih tinggi dari perempuan," kata Verena Behringer, antropolog Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology di Leipzig, Jerman.
Verena Behringer (Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology, Department of Primatology, Deutscher Platz 6, D-04103 Leipzig, Germany; Centre for Research and Conservation, Royal Zoological Society of Antwerp, K. Astridplein 26, B 2018 Antwerp, Belgium) et al. Age-related changes in Thyroid hormone levels of bonobos and chimpanzees indicate heterochrony in development. Journal of Human Evolution, 22 November 2013, DOI:10.1016/j.jhevol.2013.09.008
Gambar: MPI f. Evolutionary Anthropology/ S. Metzger
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.