Skip to main content

Katai Coklat Biner Luhman 16AB Orbit Exoplanet

Penelitian - Kemungkinan exoplanet mengorbit binary Luhman 16AB, para astronom mendeteksi apa yang mereka pikir mungkin sebuah planet ekstrasurya mengelilingi pasangan coklat kerdil Luhman 16AB, sistem bintang ketiga paling dekat Matahari.

Luhman 16AB juga dikenal WISE 1049-5319 ditemukan awal tahun ini oleh Kevin Luhman, astronom Penn State University. Lokasi sedikit lebih jauh dari bintang kedua, Barnard, yang ditemukan 6 tahun cahaya dari Matahari pada tahun 1916.

"Brown dwarf pair ini 6,5 tahun cahaya, begitu dekat bahwa transmisi televisi Bumi dari tahun 2006 tiba di sana hari ini," kata Luhman.

Sejak itu para astronom seluruh dunia memasang mata. Dua bulan analisis data ekstensif, tim Henri Boffin, astronom European Southern Observatory menghitung kedua katai coklat bermassa 30 hingga 50 kali Jupiter. Sebagai perbandingan, Matahari bermassa 1.000 kali Jupiter.


"Kedua katai coklat terpisah 3 kali jarak Bumi dan Matahari. Sistem biner terikat gravitasi dan orbit satu sama lain. Karena kedua kerdil bermassa rendah, mereka mengambil 20 tahun untuk menyelesaikan orbit," kata Yuri Beletsky, astronom Observatorium Carnegie di Las Campanas Observatory.

ESO Very Large Telescope merekam Luhman 16AB dalam kondisi terbaik setiap 5 atau 6 hari selama periode 14 April - 22 Juni 2013. Perpindahan kecil orbit hanya dalam periode 2 bulan. Pengukuran begitu halus hingga para astronom bisa melihat penyimpangan orbit satu sama lain.

"Pengamatan lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi keberadaan planet. Tapi mungkin berubah bila sistem biner terdekat Matahari ini ternyata sistem tiga bintang!" kata Boffin.
Possible astrometric discovery of a substellar companion to the closest binary brown dwarf system WISE J104915.57-531906.1

H.M.J. Boffin, D. Pourbaix, K. Muzic, V.D. Ivanov, R. Kurtev, Y. Beletsky, A. Mehner, J.P. Berger, J.H. Girard, D. Mawet

arXiv (last revised 10 Dec 2013)

Akses : arXiv:1312.1303

Gambar atas: Janella Williams / Penn State University
Gambar bawah: NASA/JPL-Caltech/Gemini Observatory/AURA/NSF

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…