Friday, December 20, 2013

Spesies Baru Tapir Tapirus kabomani di Amazon

Penelitian - Spesies baru Tapir Tapirus kabomani hadir untuk pertama kalinya sebagai spesies independen dalam 150 Tahun. Dari hutan dan sabana terbuka di Brazil dan Kolombia, Tapirus kabomani anggota terbaru keluarga Tapiridae, herbivora besar mamalia Perissodactyla.

Sampai hari ini keluarga tapir termasuk 4 spesies tersisa dengan 3 di Amerika Tengah dan Selatan yaitu Tapir Brazil (Tapirus terrestris), Tapir Baird (Tapirus bairdii), Tapir Gunung (Tapirus pinchaque) dan 1 spesies di Asia yaitu Tapir Malaya (Tapirus indicus).


Catatan fosil mendating Eosen akhir 41 juta tahun lalu dan mencakup jangkauan geografis lebih luas termasuk Eropa, Asia dan Amerika. Tapirus kabomani adalah tapir hidup terkecil, dewasa 110 kg dan tinggi bahu 0,9 meter, sedangkan panjang tubuh 1,3 meter.

"Berdasarkan pengetahuan masyarakat lokal dan pengamatan kami sendiri, spesies baru ini tidak jarang muncul di hulu Sungai Madeira, di Amazon Brazil barat daya di mana mosaik hutan dan patch savana hadir," kata Mario Cozzuol dari Federal University of Minas Gerais.

Sebagian besar kehidupan dan ekologi masih misteri, bayi Tapirus kabomani belum terlihat, tetapi analisis kotoran menunjukkan diet kaya daun dan biji pohon palem. Amazon adalah laskep kejutan. Banyak alasan untuk melestarikan ekosistem terancam punah dan semua kekayaannya.
A new species of tapir from the Amazon

Mario A. Cozzuol, Camila L. Clozato , Elizete C. Holanda , Flávio H. G. Rodrigues , Samuel Nienow , Benoit de Thoisy , Rodrigo A. F. Redondo , and Fabrício R. Santos

Journal of Mammalogy

Akses : DOI:10.1644/12-MAMM-A-169.1

Gambar: Mario A. Cozzuol et al., DOI:10.1644/12-MAMM-A-169.1
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment