Skip to main content

Wahana Gaia Meluncur Untuk Memeta Bima Sakti

Penelitian - Wahana Gaia meluncur untuk memeta Bima Sakti, teleskop ruang ESA meluncur ad 4:12 am EST 19 Desember dari Spaceport Eropa di Kourou, Guyana Prancis. Prope melakukan perjalanan 1,5 juta kilometer di luar Bumi sebelum menetap ke orbit stabil mengelilingi Matahari.

Sesampai di lokasi yang dikenal sebagai L2 yaitu titik bergerak dalam ruang yang selalu di sisi malam. Keselarasan gravitasi Matahari dan Bumi berarti setiap objek di lokasi ini tetap diam terhadap Bumi dan Matahari. L2 juga menjadi lokasi Wahana ESA Herschel.

Gaia menghabiskan tugas 5 tahun merekam lokasi, kecerahan dan gerakan 1 miliar bintang di galaksi. Para astronom menggunakan data untuk membuat peta 3D Bima Sakti paling tepat apapun. Juga mengidentifikasi komet dan asteroid, exoplanet, ledakan bintang, bintang gagal dan galaksi quasar.






Gambar dan video: ESA
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.