Thursday, December 19, 2013

Exomoon Alien Pertama Sejauh 1800 Tahun Cahaya

Penelitian - Exomoon alien pertama mungkin terlihat sejauh 1800 tahun cahaya. Exoplanet mudah ditemukan pada hari ini, tetapi bulan-bulan mereka terlalu sulit dipahami. Para astronom mengklaim telah melihat apa yang mungkin menjadi exomoon pertama.

Sebagian besar exoplanet ditemukan dengan menganalisis perubahan terang bintang, tapi beberapa astronom memilih menggunakan teknik gravitational microlensing. Gravitasi lengkungan cahaya latar belakang membuat bintang terlihat lebih terang jika dilihat dari sudut tertentu.

Dengan mencari efek gravitasi pada cahaya bintang, David Bennett, astronom University of Notre Dame di Indiana, dan rekan mungkin mendeteksi bulan pertama di luar sistem Surya. Objek kecil sejauh 1800 tahun cahaya mengorbit gas raksasa.

Exomoon tampaknya mengorbit host exoplanet pada jarak 20 juta kilometer dari raksasa gas. Sebagai perbandingan Lunar hanya 384.400 km dari Bumi. Ganymede, bulan terbesar di Tata Surya mengorbit Jupiter pada jarak 1.070.000 km.

"Ini kandidat serius pertama dari setiap survei yang saya sadari," kata David Kipping, astronom Harvard University.

Meskipun tidak bisa terlalu cepat mengambil kesimpulan, kedua astral terlalu jauh dari penjelasan yang jelas. Objek biner mungkin mewakili bintang gagal dan planet biasa.

Bahkan jika benda tetap misteri, tapi teknik Bennett membantu para astronom menemukan exomoon di masa depan.

Bennett dan rekan pada tahun 2011 melaporkan peristiwa microlensing menggunakan sejumlah teleskop di seluruh dunia. Pertama, mereka melihat cahaya bintang jauh 70 kali dalam kecerahan normal. Satu jam kemudian datang kedua, peningkatan kecil dalam kecerahan.

Sebuah benda besar lewat di depan bintang diikuti yang lebih kecil. Namun, tidak jelas apakah 2 objek planet dan bulan dimana tim datang dengan 2 skenario. Skenario lain, sepasang benda lebih jauh dan terdiri dari sebuah bintang kecil atau bintang gagal yang dikenal sebagai katai coklat.
A Sub-Earth-Mass Moon Orbiting a Gas Giant Primary or a High Velocity Planetary System in the Galactic Bulge

D.P. Bennett et al.

arXiv (Submitted on 13 Dec 2013)

Akses : arXiv:1312.3951

Gambar atas: Dan Durda/NASA
Gambar bawah : D.P. Bennett et al., arXiv:1312.3951
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment