Wednesday, December 18, 2013

Tulang Metacarpal Situs Kaitio Gap Homo erectus

Penelitian - Tulang jari Homo erectus berdating 1,4 juta tahun lalu. Tulang kecil spesies manusia awal, mungkin milik post Homo erectus, ditemukan di Kenya bukti awal tangan mirip manusia modern. Perubahan anatomi memungkinkan membuat dan menggunakan alat-alat.

Kera dan primata lain tidak memiliki fitur anatomi di tangan mereka dan titik waktu di mana fitur pertama kali muncul dalam evolusi manusia tidak diketahui. Temuan tulang Homo menunjukkan fitur ini muncul 600.000 tahun lebih awal dari dokumentasi sebelumnya.

"Tulang metacarpal di tangan yang menghubungkan jari tengah, di situs Kaitio West Turkana Kenya," kata Carol Ward, biolog University of Missouri di Columbia.

"Tulang ini begitu berbeda dengan kehadiran proses styloid atau proyeksi tulang pada akhirnya terhubung ke pergelangan tangan. Sampai saat ini proses styloid ditemukan hanya pada Neanderthal dan manusia kuno lainnya," kata Ward.

Proses styloid membantu kekuatan tangan, memungkinkan lebih kuat tekanan pergelangan dan ibu jari menggenggam. Tulang Kaitio ditemukan di dekat situs di mana alat Acheulian awal muncul. Acheulian adalah alat-alat batu mencakup kapak tangan 1,6 juta tahun lalu.


"Kurangnya proses styloid merupakan tantangan bagi kera dan manusia awal ketika berusaha membuat dan menggunakan alat-alat. Proses styloid menunjukkan manusia purba hampir pasti menggunakan tangan mereka untuk banyak tugas kompleks lainnya juga," kata Ward.

"Proses styloid mencerminkan peningkatan ketangkasan yang memungkinkan spesies manusia awal mengatasi masalah ketika memanipulasi objek yang tidak bisa dilakukan pendahulu mereka," kata Ward.

"Dengan temuan ini kita menutup kesenjangan sejarah evolusi tangan manusia. Ini mungkin bukan penampilan pertama tangan manusia modern, tetapi kami percaya semakin dekat ke asal-usul bahwa kita tidak melihat anatomi ini dalam setiap fosil lebih tua dari 1,8 juta tahun," kata Ward.

"Khusus, tangan terampil telah bersama selama sebagian besar sejarah evolusi genus Homo. Selama hampir 1,5 juta tahun fundamental bagi kelangsungan hidup kita," kata Ward.
Early Pleistocene third metacarpal from Kenya and the evolution of modern human-like hand morphology

Carol V. Ward1 et al.
  1. Integrative Anatomy Program, Department of Pathology and Anatomical Sciences, University of Missouri, Columbia, MO 65212
Proceedings of the National Academy of Sciences, December 16, 2013

Akses : DOI:10.1073/pnas.1316014110

Gambar: University of Missouri
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment