Saturday, December 14, 2013

Simpanse Pan troglodytes Rasionalis Tak Kompromis

Laporan penelitian - Rasional, tidak kompromis. Simpanse (Pan troglodytes) sensitif pengaruh sosial, tetapi mengubah strategi diri sendiri untuk memecahkan masalah daripada mengikuti mayoritas. Individu melakukan perubahan strategi ketika ada pahala lebih besar.

Simpanse (Pan troglodytes) memiliki rasa ingin tahu besar, kaya perilaku belajar baik individu maupun sosial. Tapi mereka tidak meninggalkan preferensi pribadi, bahkan ketika perilaku akrab menjadi sangat tidak efektif. Tapi bagaimana fleksibilitas simpanse menyesuaikan perilaku?

Edwin van Leeuwen, kognisian Max Planck Institute for Psycholinguistics di Nijmegen, dan rekan membuat serangkaian eksperimen pada 16 simpanse captive di Wolfgang Kohler Primate Research Center di Leipzig dan 12 simpanse semi-liar di Chimfunshi Wildlife Orphanage Trust, Zambia.

Simpanse dilatih menggunakan 2 mesin berbeda. Kelompok minoritas dengan 1 mesin dan kelompok mayoritas dengan mesin lain. Bola kayu dilemparkan ke kandang, simpanse yang bisa memasukkan bola ke dalam mesin menerima 1 kacang untuk setiap bola.

Van Leeuwen dan rekan bertujuan mereplikasi penelitian sebelumnya dan melihat apakah simpanse dalam kelompok minoritas mengubah perilaku mereka untuk menggunakan mesin yang digunakan kelompok mayoritas. Simpanse minoritas mengubah strategi dan bergabung dengan mayoritas.

Eksperimen kedua, profitabilitas diubah dimana mesin minoritas lebih menguntungkan. Seiring waktu, simpanse mayoritas mengamati simpanse minoritas mendapat lebih banyak kacang. Individu mayoritas secara bertahap beralih menggunakan mesin minoritas.

"Ketika tidak mudah mengubah perilaku di bawah pengaruh mayoritas, mereka memilih mengubah perilaku karena dapat memaksimalkan hadiah. Kacang lebih berharga dari popularitas," kata Van Leeuwen.

"Mereka mungkin gigih dalam strategi sukses dan lebih akrab mengadopsi strategi efektif mayoritas, tetapi mereka mencari insentif dengan mengubah perilaku ketika memperoleh manfaat lebih tinggi di tempat lain," kata Van Leeuwen.




Chimpanzees (Pan troglodytes) Flexibly Adjust Their Behaviour in Order to Maximize Payoffs, Not to Conform to Majorities

Edwin J. C. Van Leeuwen1 et al.
  1. Max Planck Research Group for Comparative Cognitive Anthropology, Max Planck Institute for Psycholinguistics, Nijmegen, The Netherlands
PLoS ONE, November 27, 2013

Akses : DOI:10.1371/journal.pone.0080945

Gambar: Max Planck Institute for Psycholinguistics
Video: Edwin J. C. Van Leeuwen et al., DOI:10.1371/journal.pone.0080945
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment