Skip to main content

Tawon Abernessia capixaba dan Abernessia giga

LaporanPenelitian.com - Dua spesies baru tawon genus Abernessia ditemukan di Brasil. Entomolog mendeskripsi 2 tawon cantik Abernessia capixaba dan Abernessia giga endemik Brasil wakil Abernessia yang tersisa. Dua tawon yang sangat besar berukuran hampir 3 cm.

Warna hitam yang indah dengan kemilau metalik khas tawon Pompilidae. Berjuluk Tawon Spider dari preferensi parasit laba-laba. Tawon melumpuhkan mangsa dengan menyengat yang kemudian diseret ke dalam sarang yang khusus dibangun.


Perempuan meletakkan sebutir telur di perut laba-laba dan menguburnya dengan hati-hati. Menariknya keyakinan memiliki hubungan antara ukuran mangsa dan ukuran keturunan tawon yang muncul dari sarang berisi mangsa yang lebih besar.

"Ada korelasi positif antara ukuran mangsa laba-laba dan ukuran keturunan tawon generasi berikutnya," kata Cecilia Waichert.
Two new species of Abernessia Arlé (Pompilidae, Ctenocerinae)

Cecilia Waichert1, James P. Pitts1
  1. Utah State University, Department of Biology, 5305 Old Main Hill, Logan, UT 84322–5305, USA
ZooKeys, 20 November 2013

Akses : DOI:10.3897/zookeys.353.6223

Gambar: Cecilia Waichert dan James P. Pitts
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.