Skip to main content

Sendawa Masa Lalu Lubang Hitam Sagitarius A*

Laporan Penelitian - Sendawa masa lalu lubang hitam raksasa Bima Sakti. Hari-hari ini, lubang hitam supermasif di pusat galaksi kita tampaknya cukup jinak. Tapi neraka tidak selalu begitu adanya.

Data baru NASA Chandra X-ray Observatory melihat Sagitarius A* (Sgr A*) pernah memiliki semburan aktivitas tinggi. Untuk melihat perangkap gravitasi lokal adalah masa lalu, Chandra mengamati cahaya sinar-X yang datang dari awan gas 30 tahun cahaya dari waktu itu.

Fluoresensi awan disebut "Gema Cahaya", ketika lubang hitam menelan materi terkutuk yang menghasilkan emisi panjang gelombang sinar-X. Seperti gelombang suara di gua, cahaya sinar-x memantul pada hal-hal yang terdekat. Gelombang kemudian membuat jalur ke Bumi.

Karena cahaya menggema mengambil jalan memutar ke sana dan ke mari, emisi menawarkan informasi tentang Sgr A* lebih tua dari gambar yang dikompilasi dibanding jika X-ray menempuh perjalanan langsung dari lubang hitam kepada pengamat di Bumi.

Para peneliti mengumpulkan data 12 tahun pengamatan Chandra dengan Sgr A* (di kanan) dan emisi sinar-X bergema dengan warna biru. Sinyal Sgr A* 1 juta kali lebih terang dari biasanya selama pengamatan beberapa ratus tahun.

Penelitian lebih lanjut diharap mengungkap penyebab peningkatan aktivitas Sgr A*, misalnya, apa menu makan gila-gilaan terakhirnya? Entah sebuah planet, seporsi bintang ataukah mungkin hanya beberapa gumpalan awan dan debu gas sebagai kudapan.




Echoes of multiple outbursts of Sagittarius A⋆ revealed by Chandra

M. Clavel1,2 et al.
  1. AstroParticule et Cosmologie, Université Paris Diderot, CNRS/IN2P3, CEA/DSM, Observatoire de Paris, Sorbonne Paris Cité, 10 rue Alice Domon et Léonie Duquet, 75205 Paris Cedex 13, France e-mail: maica.clavel@apc.univ-paris7.fr
  2. Service d’Astrophysique/IRFU/DSM, CEA Saclay, Bât. 709, 91191 Gif-sur-Yvette Cedex, France
Astronomy & Astrophysics, 2013

Akses : DOI:10.1051/0004-6361/201321667

Gambar dan video: NASA/CXC/APC/Universite de Paris Diderot/M.Clavel et al.

Comments

Popular

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…