Langsung ke konten utama

Regim Lythronax argestes Pra Tyrannosaurus rex

Laporan Penelitian - Regim King of gore memerintah pra T. rex. Lythronax argestes top predator Amerika Utara 80 juta tahun lalu, kerabat dekat Tyrannosaurus rex dalam batuan merah Utah selatan.

Lythronax argestes adalah tyrannosaurid, predator bipedal raksasa dengan kepala besar dan lengan kecil mirip Tyrannosaurus rex. Fosil pernah hidup 80 juta tahun lalu dan menjadi tyrannosaurid tertua karena kerangka sejenis, Teratophoneus, berdating 76 juta tahun.

Kedua makhluk membantu menunjukkan bagaimana kerabat T. rex berkembang dan mendominasi Cretaceous daratan barat Amerika Utara untuk sementara waktu sebelum T. rex merebut tampuk pemerintahan di tempat kejadian 70 juta tahun lalu.

"Ini benar-benar mundur dari harapan. Anda mengharapkan hewan paling kuno adalah paling primitif," kata Mark Loewen, paleontolog Natural History Museum of Utah.

Tim besar dipimpin Natural History Museum of Utah di Salt Lake City menemukan Lythronax tahun 2009 di Grand Staircase Escalante National Monument (GSENM). Batuan ini telah menghasilkan bonanza dinosaurus termasuk spesies dino bertanduk yang hidup berdampingan sisi by sisi.

"Ada yang menjaga mereka berbaris naik dan turun dari Alberta ke Utah," kata Loewen.

Bagaimana dan kapan tengkorak lebar muncul pada dinosaurus masih misteri. Seperti dinosaurus selatan, Lythronax dan Teratophoneus menunjukkan pola berkelompok. Naiknya permukaan air laut mungkin memotong daerah tertentu sehingga berevolusi dalam isolasi. Tapi peneliti lain tidak yakin.

"Saya skeptis argumen biogeografis karena bergantung pada bagaimana mereka menyusun pohon keluarga. Tidak jelas apakah kenaikan permukaan laut mendekte dinosaurus bergerak di sekitarnya," kata Stephen Brusatte, palaeontolog University of Edinburgh di Inggris.

Panjang 8 meter dan berat 2,5 ton, Lythronax hanya sekitar 2/3 ukuran T. rex. Tapi hampir pasti sebagai predator puncak pada masanya ketika menguntit rawa-rawa pesisir Laramidia dan memindai mangsa. Tengkorak luas dan mata cukup terpisah memberi cukup tatapan 3D mirip T-rex.




Tyrant Dinosaur Evolution Tracks the Rise and Fall of Late Cretaceous Oceans

Mark A. Loewen1 et al.
  1. Natural History Museum of Utah and Department of Geology & Geophysics, University of Utah, Salt Lake City, Utah, United States of America
PLoS ONE, November 6, 2013

Akses : DOI:10.1371/journal.pone.0079420

Gambar dan video: Natural History Museum of Utah

Komentar

Popular

Tungau Wajah Demodex folliculorum dan Demodex brevis

www.LaporanPenelitian.com - Tungau kecil merayap di seluruh wajah Anda, tes DNA mengungkap kemahahadiran 2 spesies arakhnida hidup di kulit manusia. Demodex folliculorum dan Demodex brevis adalah teman dunia luar Anda paling intim.

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Pemburu-Pengumpul Zaman Batu Mengobati Sakit Gigi Pakai Alat Batu dan Aspal

Penelitian ~ Pemburu-pengumpul Zaman Batu mengobati sakit gigi menggunakan alat tajam dan tar. Dokter gigi tidak mengebor dan menambal, tapi menggores dan melapisi. Temuan gigi menambah bukti bahwa beberapa bentuk kedokteran gigi telah muncul selama setidaknya 14.000 tahun lalu.

Dua gigi dari orang yang tinggal di Italia utara 13.000 hingga 12.740 tahun lalu menanggung tanda-tanda seseorang telah menghapus infeksi jaringan lunak bagian dalam. Daerah yang diolah kemudian ditutup dengan zat lengket seperti tar menggunakan alat batu, para ilmuwan melaporkan ke American Journal of Physical Anthropology.

Temuan menunjukkan bahwa teknik untuk menghapus bagian-bagian gigi yang terinfeksi gigi telah dikembangkan ribuan tahun sebelum fajar pertanian yang kaya diet karbohidrat sebagai penyebab utama merebaknya gigi berlubang. Petani mungkin sudah terbiasa menggunakan alat-alat batu untuk mengebor gigi berlubang sejak 9.000 tahun lalu.

Stefano Benazzi, antropolog University of Bologna, pada tah…