Skip to main content

Penerbangan Spektakuler Topografi Planet Mars

Laporan Penelitian - Gunung berapi tertinggi hingga ke ngarai terdalam, dampak kawah, dasar sungai kuno dan aliran lava. Wahana ESA Mars Express membawa perjalanan yang tak terlupakan di Planet Merah.

Video ESA Mars Express menyuguhkan peta topografi dekat lengkap permukaan planet dan set musik. Sensasi terbang di atas permukaan Mars berdasarkan data aktual topografi yang direkam satelit pengorbit Planet Merah sejak diluncurkan 2 Juni 2003 dan tiba di Mars 7 bulan kemudian.

Gunung Olympus Mons setinggi 21,9 kilometer jadi gunung tertingi kedua di Tata Surya, kawah, sungai kuno dan aliran lava menandai lanskap Mars. German Aerospace Center (DLR) merilis video dari kamera stereografik resolusi tinggi ini sebagai perayaan memperingati 10 tahun misi.

Topografi digital permukaan global memberi visualisasi unik dan memungkinkan peneliti untuk memperoleh informasi baru tentang evolusi Planet Merah. Mars Express sejauh ini telah mengorbit planet hampir 12.500 kali dan terus mengorbit planet hingga akhir 2014.




Gambar dan video: ESA/DLR/FU Berlin (G. Neukum)
Tinuku

Comments

Popular posts from this blog

Agama Mendidik Anak-Anak Menjadi Serakah

Penelitian ~ Agama membuat anak-anak tidak bermurah hati. Keyakinan agama memiliki pengaruh negatif pada altruisme dan kepekaan sosial atau daya empati.

Hidup Tanpa Ibu, Bayi Tikus Lahir Sehat Tanpa Pembuahan Sel Telur

Penelitian ~ Membuat bayi semakin mudah tanpa telur bahwa tikus lahir tanpa ibu. Embrio haploid atau parthenogenotes disuntik dengan sperma berhasil berkembang menjadi keturunan yang sehat.

Gambar Tiga Dimensi Struktur Detail Virus Zika Resmi Terbit

Penelitian ~ Struktur virus Zika dipetakan untuk pertama kalinya. Gambar 3D virus tidak hanya memancing inspirasi seni, tapi bisa pula memberi petunjuk bagaimana melawannya.