Friday, November 15, 2013

Pemburu-Pengumpul Eropa Menjinakkan Anjing

Laporan Penelitian - Serigala berbulu anjing, peliharaan hewan bertaring pertama di Eropa. Pemburu-pengumpul Eropa pertama kali membawa anjing sedini 32.000 tahun lalu.

Sahabat berkaki 4 mengikuti manusia di seluruh dunia dan kadang-kadang kawin dengan populasi serigala lokal. Teka-teki lama bagaimana dan kapan anjing domestik berevolusi dari serigala liar yang sulit dipecahkan.

Para ilmuwan telah bertengkar mengenai waktu dan lokasi domestikasi anjing. Fosil dari Eropa dan Siberia berdating lebih dari 30.000 tahun lalu. Analisis genetik anjing modern dan serigala menyarankan domestik muncul di Eropa, China atau Timur Tengah 10.000 hingga 30.000 tahun lalu.

Laporan sebelumnya mengusulkan petani awal yang pertama menjinakkan hewan peliharaan bertaring ketika serigala tertarik pada limbah sisa-sisa makanan di pemukiman orang-orang pertama kali hidup menetap saat fajar pertanian Eropa sekitar 7500 tahun lalu.

Sekarang Robert Wayne, ekolog University of California di Los Angeles, dan rekan, menyimpulkan sekuen DNA mitokondria yang diekstrak dari tulang 18 canids dari Eurasia, Amerika Serikat dan Argentina serta DNA 130 serigala modern dan anjing dari seluruh dunia.

Wayne membagun pohon keluarga dan mengelompokan anjing-anjing modern ke dalam 4 kelompok berbeda. Keempatnya memiliki akar Eropa, tertua antara 19.000 hingga 32.000 tahun. Kemungkinan anjing domestik pertama muncul pada waktu itu.

"Ada 21.000 gen dalam genom nuklir anjing dan masing-masing mungkin mengisahkan cerita yang sedikit berbeda," kata Wayne.

Wayne berpendapat pemburu-pengumpul pasti yang pertama menjadikan anjing sebagai teman terbaik manusia. Serigala mungkin mulai mengikuti jelajah kelompok manusia dengan mengambil keuntungan bangkai besar yang tertinggal setelah perberburuan.
O. Thalmann (Department of Biology, Section of Genetics and Physiology, University of Turku, Itäinen Pitkäkatu 4, 20014 Turku, Finland) et al. Complete Mitochondrial Genomes of Ancient Canids Suggest a European Origin of Domestic Dogs. Science 15 November 2013: Vol.342 no.6160 pp.871-874, DOI:10.1126/science.1243650
Gambar: Del Baston/University of California
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment