Thursday, November 7, 2013

Monyet Kontrol Dua Lengan Virtual Dengan Pikiran

Laporan Penelitian - Monyet mengendalikan dua lengan virtual dengan pikiran saja. Hanya dengan memikirkannya, monyet yang diberi kemampuan dapat mengendalikan 2 lengan maya secara bersamaan.

Teknologi yang sama dapat segera memberi orang lumpuh kontrol kerangka ekstra bahwa mereka bergerak dengan pikiran sendiri. Eksperimen sebelumnya, baik pada monyet dan manusia, mampu mengendalikan lengan prostetik tunggal dengan menggunakan pikiran.

Elektroda ditempatkan di otak membawa pola tertentu aktivitas listrik yang terjadi ketika seseorang berpikir tentang bergerak. Pola ini kemudian diterjemahkan ke dalam gerakan yang sebenarnya dalam prostesis. Tapi cara ini hanya mungkin untuk mengendalikan anggota tubuh tunggal.

Untuk mencapai gerakan bimanual, Miguel Nicolelis, neurosaintis Duke University di Durham, North Carolina, dan rekan mencatat aktivitas listrik individu hampir 500 neuron tunggal di somatosensori dan korteks motor di kedua sisi otak monyet.

"Kami percaya itu jumlah terbesar neuron secara simultan dicatat pada primata non-manusia," kata Nicolelis.

Nicolelis melatih monyet untuk memindahkan tangan representasi virtual dari dirinya sendiri untuk mengikuti 2 sasaran bergerak di layar. Ini melibatkan bagaimana menggerakkan tangan virtual avatar menggunakan dua joystick. Sementara algoritma komputer mencocokkan aktivitas otak untuk gerakan.




Peter J. Ifft (Department of Biomedical Engineering, Duke University, Durham, NC 27708, USA; Center for Neuroengineering, Duke University, Durham, NC 27708, USA) et al. A Brain-Machine Interface Enables Bimanual Arm Movements in Monkeys, Science Translational Medicine, 6 November 2013: Vol.5, Issue 210, p.210ra154, DOI:10.1126/scitranslmed.3006159
Gambar dan video: Nicolelis Lab/Duke Center for Neuroengineering
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment