Tuesday, November 19, 2013

Mineral Feldspar Batu Granit Ada di Planet Mars

Penelitian - Bukti kuat granit di Planet Mars dan teori baru bagaimana batuan beku yang umum di Bumi dapat terbentuk di sana. Planet Merah jauh lebih geologis dan kompleks daripada keyakinan sebelumnya.

Sejumlah besar mineral feldspar ditemukan di gunung berapi kuno Planet Mars, tetapi mineral yang umum di basal kaya zat besi dan magnesium absen di lokasi ini. Lokasi feldspar memberikan penjelasan bagaimana granit dapat terbentuk di Mars.

Granit atau setara riolit sering ditemukan di kawasan tektonik aktif seperti zona subduksi di Bumi, hal yang tidak mungkin di Mars. Tetapi tim peneliti menyimpulkan aktivitas magmatik berkelanjutan di Planet Merah juga menghasilkan komposisi yang sama dalam skala besar.

"Kami menyediakan bukti paling menarik bahwa Mars memiliki batuan granit," kata James Wray, planetolog Georgia Institute of Technology.

Selama bertahun-tahun Mars dianggap geologis sederhana. Batu-batu yang menutupi sebagian besar permukaan Mars adalah vulkanik gelap disebut basal. Tapi awal tahun ini, Mars rover Curiosity mengejutkan para ilmuwan dengan temuan komposisi mirip granit beku berwarna.


Laporan Wray menggulingkan keyakinan lama. Data menggunakan teknik penginderaan jauh dengan spektroskopi inframerah untuk survei gunung berapi besar di Mars yang aktif selama miliaran tahun. Lokasi peraduan deposit kaya feldspar datang sebagai kejutan.

"Menggunakan teknik spektroskopi inframerah, Anda harus benar-benar dapat mendeteksi feldspar dan sangat sedikit mineral gelap di basal," kata Wray.

Sementara magma mendingin perlahan-lahan di bawah permukaan, kepadatan rendah memisahkan kristal padat dalam proses fraksinasi. Siklus berulang-ulang selama ribuan tahun sampai granit terbentuk. Proses ini hanya terjadi dalam gunung berapi aktif selama jangka waktu panjang.

"Beberapa gunung berapi di Mars sporadis aktif selama miliaran tahun. Tampaknya masuk akal bahwa di gunung berapi Anda mendapatkan cukup iterasi pembentuk granit," kata Wray.
James J. Wray (School of Earth and Atmospheric Sciences, Georgia Institute of Technology, Atlanta, Georgia 30332, USA) et al. Prolonged magmatic activity on Mars inferred from the detection of felsic rocks. Nature Geoscience, 17 November 2013, DOI:10.1038/ngeo1994
Gambar atas: NASA/JPL/JHUAPL/MSSS
Gambar bawah: NASA/JPL/University of Arizon
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment