Tuesday, November 19, 2013

Lepidosperma monticola di Lanskep Alpine Tasmania

Penelitian - Lepidosperma monticola, semak berdaun pedang dunia alpine Tasmania. Anggota Lepidosperma, genus dengan lebih dari 100 spesies tersebar di seluruh Australia, umum dikenal sebagai teki pedang tahunan karena daun memanjang dan pipih seperti pedang bermata dua.

Sebagian besar spesies di hutan terbuka dan beberapa di rawa-rawa. Lepidosperma monticola tumbuh menggumpal kecil dengan tinggi sekitar 7 cm, spesies Lepidosperma terkecil yang unik dalam genus dan satu-satunya tumbuh di vegetasi alpine.


L. monticola hanya di atas ketinggian 700 m dpl. Individu sering mencolok di celah-celah singkapan batu. Individu lain membentuk gumpalan bulat bersama sampai berdiameter sekitar 20 cm bercampur dengan lumut. Ini mirip dengan temuan spesies sebelumnya Lepidosperma inops yang tumbuh di dataran rendah.

Kedua spesies dapat mudah dibedakan oleh sifat-sifat seperti morfologi buah. Karen Wilson, botanis National Herbarium of New South Wales, dan rekan menyelidiki kemungkinan nilai resin aromatik dan terapeutik genus Lepidosperma.
Sedges in the mist: A new species of Lepidosperma (Cyperaceae, Schoeneae) from the mountains of Tasmania

George T. Plunkett1 et al.
  1. Botany, School of Environmental and Rural Science, University of New England, Armidale NSW 2351
PhytoKeys, 4 November 2013

Akses : DOI:10.3897/phytokeys.28.5592

Gambar: George T. Plunkett et al.
Tinuku
Bagikan :

No comments:

Post a Comment